"Dalam latihan ini kami juga melibatkan petugas dari instansi terkait lainnya untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi pada saat dibutuhkan,"
Mentok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat menggelar simulasi pengendalian massa dalam rangka persiapan pengamanan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung yang digelar di Bangka Barat mulai 11 hingga 31 Agustus 2023.

"Dalam latihan ini kami juga melibatkan petugas dari instansi terkait lainnya untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi pada saat dibutuhkan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Sabtu.

Ia mengatakan simulasi pengendalian massa ini dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara berbagai pihak yang terlibat dalam menjaga keamanan dan pelepasan selama pelaksanaan porprov.

Dalam latihan tersebut, terdiri dari personel dari Polres Bangka Barat, unsur TNI, serta unsur-unsur lain yang terlibat dalam upaya menjaga keamanan selama acara olahraga tersebut.

Selama simulasi, para peserta berupaya mempraktikkan pengendalian berbagai skenario yang mungkin terjadi, seperti aksi demonstrasi, pengendalian kerumunan, penanganan situasi darurat, dan tindakan preventif lainnya.

"Langkah-langkah taktis dan strategi dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin timbul selama porprov dipelajari dan dievaluasi dalam latihan ini," katanya.

Diharapkan melalui latihan simulasi pengendalian massa ini, semua pihak yang terlibat dapat memahami peran dan tanggung jawab masing-masing serta meningkatkan koordinasi dalam mengatur situasi yang dinamis.

Hal ini akan berkontribusi pada pelaksanaan Porprov Babel 2023 yang berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

"Persiapan gabungan ini akan menjadi modal kuat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama acara berlangsung, kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing dan aktif menjalin komunikasi dengan para personel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023