Jakarta (ANTARA) - Joe Exotic bintang "Tiger King" telah dijatuhi hukuman 21 tahun penjara meskipun ada permintaan dari mantan penjaga kebun binatang itu untuk keringanan hukuman karena harus memulai pengobatan untuk kanker stadium awal.

Pada hari Jumat (28/1), seorang hakim federal mengurangi hukuman pria 58 tahun itu hanya satu tahun.

"Tolong jangan membuatku mati di penjara menunggu kesempatan untuk bebas," kata Exotic dilansir The Hollywood Reporter, Minggu.

Exotic, yang bernama asli Joseph Maldonado-Passage, dijatuhi hukuman 22 tahun penjara pada Januari 2020 setelah dia dinyatakan bersalah atas tuduhan pelecehan hewan dan menyewa pembunuh bayaran terhadap aktivis kesejahteraan hewan Carole Baskin. Keduanya tampil "Tiger King: Murder, Mayhem and Madness" Netflix.

Jaksa mengatakan Exotic menawarkan 10.000 dolar Amerika kepada agen FBI yang menyamar untuk membunuh Baskin selama pertemuan Desember 2017. Dalam rekaman itu, dia memberi tahu agen, "Seperti mengikutinya ke tempat parkir mal dan tutup saja dia dan pergi."

Pengacara Exotic mengatakan klien mereka tidak serius terhadap perkataannya.

Baca juga: Netflix umumkan "Tiger King 2" akan tayang akhir tahun ini

Exotic, yang mempertahankan ketidakbersalahannya, juga dihukum karena membunuh lima harimau, menjual anak harimau, dan memalsukan catatan satwa liar.

Baskin dan suaminya Howard Baskin berada di persidangan, dan dia mengatakan kepada hakim bahwa dia takut Exotic dapat mengancamnya.

"Dia terus memendam perasaan buruk yang kuat terhadap saya," kata Baskin.

Baskin mengatakan meskipun Exotic berada di penjara, dia terus menerima ancaman selama dua tahun terakhir. Dia percaya Exotic menimbulkan ancaman yang lebih serius lagi karena memiliki kelompok pendukung yang lebih besar berkat popularitasnya di acara Netflix.

Proses pengadilan terjadi setelah pengadilan banding federal memutuskan tahun lalu bahwa hukuman penjara yang dijalani Exotic harus dipersingkat.

Pengacaranya memberi tahu hakim bahwa klien mereka menderita kanker prostat stadium satu, bersama dengan penyakit lain yang membahayakan sistem kekebalannya, hal ini dapat membuat Exotic sangat rentan terhadap COVID-19.

Kanker prostat stadium satu berarti telah terdeteksi dini dan belum menyebar. Exotic sebelumnya mengatakan bahwa dia berencana untuk menunda perawatan sampai hukumannya selesai.

Pejabat federal mengatakan bintang "Tiger King" ini akan membutuhkan waktu hingga delapan minggu perawatan radiasi dan tidak akan dapat melakukan perjalanan selama perawatan.

Pengacaranya, Amy Hanna mengatakan kepada hakim bahwa dia tidak menerima perawatan medis yang layak di dalam sistem penjara federal dan bahwa hukuman penjara yang panjang adalah "hukuman mati untuk Joe yang tidak pantas dia dapatkan".

Ruang sidang pada hari Jumat (28/1) dipenuhi oleh pendukung Exotic, beberapa mengenakan topeng dan kaos bergambar binatang yang bertuliskan "Free Joe Exotic".

Sebelumnya, Exotic mengharapkan pengampunan dari mantan presiden AS Donald Trump yang akan membuatnya dibebaskan dari penjara. Pada Januari tahun lalu, dia gagal mendapatkan pengampunan tersebut.

Dilaporkan bahwa Exotic dan timnya sangat yakin akan pembebasannya di tangan Trump sehingga mereka menyediakan limusin di luar penjara menjelang vonis grasi.

Di tempat lain, Louis Theroux kembali ke Amerika tahun lalu untuk membuat film panjang baru tentang Exotic untuk BBC, setelah pasangan itu bertemu satu dekade lalu ketika Theroux membuat "America's Most Dangerous Pets".

Proyek terkait "Tiger King" lainnya yang sedang dikerjakan termasuk memoar dari Exotic dan Joe vs Carole, seri terbatas baru yang mengikuti persaingan sengit antara Exotic dan Baskin, di mana John Cameron Mitchell akan berperan sebagai pemilik kucing besar yang terkenal kejam.

Serial skrip baru yang dibintangi Nicolas Cage sebagai Exotic juga sedang dikerjakan, yang akan mengeksplorasi bagaimana penjaga kebun binatang kehilangan dirinya sendiri karena karakter ciptaannya sendiri.

Baca juga: Pernikahan kelima, Nicholas Cage nikahi Riko Shibata

Baca juga: Pecinta hewan selamatkan binatang liar di Baghdad via daring

Baca juga: Animal Defender selamatkan dan antar hewan ke pemilik baru

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022