Palembang (ANTARA News) - Negara peserta SEA Games XXVI juga akan mengikuti pameran produk unggulan daerah pada pesta olahraga akbar itu di Palembang, 11-22 November 2011.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel, H Eppy Mirza di Palembang, Jumat mengatakan, pihaknya menyiapkan tempat pameran untuk negara peserta SEA Games nanti.

Dalam pameran nanti utusan negara se-Asia Tenggara dapat mempromosikan produk unggulan daerah saat penyelenggaraan pesta olahraga dua tahunan mendatang, kata dia.

Menurut dia, turut sertanya negara peserta SEA Games XXVI itu dalam pameran, untuk menyemarakan kegiatan internasional tersebut.

Selain itu keikutsertaan negara peserta SEA Games tersebut sebagai bentuk promosi produk unggulan negara masing-masing, kata dia pula.

Mengenai pameran sendiri, kata dia, akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan pesta olahraga yang diikuti ribuan peserta dari berbagai negara tersebut.

Pameran tersebut, kata dia, sesuai dengan tujuan diselenggarakan SEA Games di Palembang (Sumsel), yakni memberdayakan ekonomi rakyat yang ada di daerah.

Lebih lanjut dia mengatakan, harapan SEA Games bukan saja mencapai sukses penyelenggara dan prestasi, tetapi juga berhasil pemberdayaan ekonomi rakyat.

SEA Games XXVI tahun 2011 di Indonesia, pihak pemerintah pusat mempercayakan sebagai tuan rumah atau pelaksana adalah DKI Jakarta dan Kota Palembang (Sumsel).

Khusus Sumsel selain dijadikan tempat pertandingan 22 cabang olahraga, juga mendapat kehormatan sebagai penyelenggara upacara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI.(*)
(T.U005/M033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011