Ottawa (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Para penyelidik dari pemerintah Kanada menyelidiki reruntuhan panggung-konser raksasa di Ottawa, Senin, guna menentukan mengapa panggung itu ambruk selama angin kencang Ahad malam (17/7), sehingga melukai tiga orang.

Puluhan ribu orang terkejut dan panik Ahad malam, ketika panggung-raksasa di tempat terbuka, yang digunakan selama 16 hari untuk festival musik rock di tempat terbuka di dekat gedung parlemen Kanada, ambruk selama satu konser.

Grup band Amerika Serikat, Cheap Trick, sedang pentas di panggung utama sekitar pukul 19:20 waktu setempat Ahad malam, ketika angin kencang menyebabkan ambruknya panggung-raksasa utama tersebut di Ottawa Bluefest, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA News di Jakarta, Selasa.

Direktur Pelaksana Bluefest Mark Monahan mengatakan topan itu "datang dengan sangat cepat dan pergi lagi dengan sangat cepat pula" dan mengatakan staf festival melakukan pekerjaan bagus dalam menangani apa yang bisa jadi situasi yang sangat mematikan.

Grup band tersebut meninggalkan panggung beberapa saat sebelum panggung itu ambruk. Jim Watson, wali kota ottawa, dan beberapa tamu kehormatan mendapat tempat duduk di mimbar di dekat panggung.

Tak seorang pun dari mereka cedera, tapi dua penggemar menderita patah tulang, termasuk cedera tulang belakang, dan seorang pengemudi truk dalam rombongan Cheap Trick menderita luka serius ketika satu pipa menembus perutnya. Pengemudi tersebut juga menderita patah tulang.

"Sebagian keadaan ini tak bisa dirancang ... angin dengan kecepatan 90 kilometer tak biasa berhembus di kota kami dan panggung utama adalah daerah utama yang jadi korban sebab panggung itu sangat besar," kata Watson.

Ia memuji pekerja darurat karena mereka datang dengan cepat ke tempat kejadian dan mampu menjagai ketenangan.

Monahan dari Bluefest mengatakan peristiwa itu tak pernah terjadi dalam 18 tahun sejarah Bluefest dan menyebut topan tersebut "situasi yang sangat tak biasa ... situasi yang sangat aneh".

Ribuan orang menyaksikan penampilan Cheap Trick ketika panggung-raksasa tersebut ambruk. Banyak orang menunggu di dekat panggung untuk menonton aksi utama pada malam itu, penampilan grup band AS Death Cab for Cutie.

Itu adalah malam terakhir Bluefest, salah satu atraksi utama musim panas di Ottawa yang menarik hampir 100 grup banda dan ratusan ribu penggemar ke tempat konser terbuka kurang dari satu kilometer dari gedung parlemen Kanad, dan Ahad adalah hari terakhir festival itu.
(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011