Jakarta (ANTARA) - Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro mengatakan semua pihak harus memperkuat kolaborasi dalam rangka mengglorifikasi atau membangun demam Keketuaan G20 Indonesia 2022.

Hal itu disampaikan Juri dalam acara "Kick off Setneg Mantul Road to G20 Indonesia" yang diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara secara daring di Jakarta, Jumat.

"Satu yang ingin saya tekankan adalah sekali lagi bahwa dalam rangka mengglorifikasi, membangun demam Indonesia yang memegang Keketuaan G20 Tahun 2022, maka mau tidak mau, kita semua memperkuat kolaborasi dalam rangka glorifikasi bersama," ujar Juri.

Baca juga: KSP ajak Iprahumas ikut kendalikan komunikasi publik Presidensi G20

Juri mengatakan kolaborasi perlu dilakukan dari seluruh aparat, mesin, dan seluruh cabang-cabang birokrasi yang dimiliki pemerintah bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat dalam mengglorifikasi rangkaian kegiatan G20 di Indonesia yang dimulai sejak Desember 2021 sampai November 2022.

"Karena kalau kita bayangkan kita ini punya struktur pemerintah di pusat saja ada lebih dari 30 kementerian/lembaga, ada 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, belum kita hitung kecamatan, kelurahan, dan desa, itu berapa banyak jumlah aparat ASN atau pegawai pemerintah," jelasnya.

Baca juga: Kalkulator Jejak Karbon untuk reputasi pariwisata di Presidensi G20
Baca juga: Luhut: Presidensi Indonesia di G20 juga fokus pada isu kesehatan laut


Dia mengatakan jika seluruh mesin pemerintahan dapat didorong menjadi komunikator, menyampaikan pesan-pesan, mengglorifikasi isu-isu G20, dan membangun demam G20, maka sepanjang tahun ini akan ada sajian-sajian menarik dan konsisten sepanjang pelaksanaan G20 di Indonesia.

"Jadi sekali lagi kami berharap dan saya kira sudah ditunjukkan teman-teman semua bahwa seluruh teman-teman yang mengurus humas di seluruh kementerian/lembaga, kita harapkan mendorong pemerintah daerah sampai tingkat desa dan kelurahan menjadikan isu G20 semacam menu sehari-hari dalam mempublikasikan berbagai hal terkait dengan keketuaan," jelasnya.

Dia menyampaikan KSP bersama Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan seluruh kementerian lain akan bekerja bersama untuk mendorong hal tersebut.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022