Jakarta (ANTARA) - Samsung akan mengolah limbah jala ikan sebagai salah satu komponen untuk produk ponsel seri Galaxy guna mendukung industri yang berkelanjutan.

Rencana itu disampaikan Samsung lewat blog resminya dan mengatakan produk dengan material daur ulang itu akan diungkap di acara Galaxy Unpacked pada 9 Februari 2022 mendatang.

"Samsung melihat ini sebagai langkah keberlanjutan. Dengan memberikan kesempatan pada jala ikan yang didaur ulang tentunya kita mencegah sampah yang berbahaya bagi biota laut dan juga ini merupakan solusi yang kreatif untuk lebih peka pada sumber daya alam di planet kita," kata Samsung dalam unggahan blog-nya, Senin.

Baca juga: Samsung luncurkan Galaxy A03, harga sejutaan kamera 48MP

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A8 hadir dengan baterai kuat dan memori besar


Alasan Samsung memilih untuk mendaur ulang jala ikan karena dalam sebuah penelitian menunjukan ada 640.000 ton limbah jala ikan yang berada di laut dan terbuang begitu saja setiap tahunnya sehingga membahayakan biota laut.

Samsung menggambarkan jala- jala yang menjadi limbah itu membahayakan dan menjebak makhluk hidup yang berada di dalam laut, menyebabkan terumbu karang dan makhluk hidup lainnya kehilangan potensi makanan.

Berkaca dari fakta itu, Samsung pun mengambil inisiatif untuk membuat laut di dunia bisa bersih kembali dari limbah jala ikan dan menggunakannya menjadi barang yang lebih bermanfaat.

"Perangkat itu akan merefleksikan niat kami untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mengembangkan kesadaran untuk masyarakat beralih ke material ramah lingkungan seperti produk daur ulang. Dengan transformasi itu, teknologi Galaxy diharapkan bisa membawa desain produk terkini dan menyampaikan dampak lingkungan yang lebih baik," ujar Samsung.

Anda akan bisa melihat produk Galaxy dengan material daur ulang limbah jala ikan itu lewat Galaxy Unpacked yang disiarkan secara langsung lewat situs web Samsung.com pada 9 Februari 2022 pukul 22.00 WIB.

Dipastikan Samsung Galaxy S22 series dan Galaxy Tab S8 series turut diperkenalkan dalam acara ini.


Baca juga: Samsung transformasi kelas konvensional jadi ramah teknologi

Baca juga: Samsung Galaxy S22 series rilis 9 Februari 2022

Baca juga: Alasan Samsung hadirkan Galaxy A03 dengan harga terjangkau

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022