Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Timur melakukan uji coba lawan arus (contraflow) di Jalan Raya Bekasi arah Jakarta KM 23-24, tepatnya di depan Gran Cakung, hingga 18 Februari 2022.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Eddy Surasa mengatakan, uji coba itu dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan yang ditimbulkan adanya antrean kendaraan saat jam kerja.

"Pertama itu karena lalu lintas memang padat, kemacetan terkadang juga sampai mengular panjang. Jadi kita lakukan uji coba 'contraflow' 
dari jam 06.00-09.00 WIB," kata Edy Surasa di Jakarta, Selasa.

Edy menambahkan, pemberlakuan "contraflow" itu akan dievaluasi. Apabila dianggap berhasil, tidak menutup kemungkinan untuk tetap diberlakukan.

"Sejauh ini respon dari masyarakat sangat positif dan mendukung adanya 'contraflow' ini. Ke depan kita akan lihat untuk kemungkinan diperpanjang menunggu situasi," ujar Edy.

Edy mengatakan, mobilitas masyarakat saat ini kemungkinan berkurang karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Kita lihat saja karena Jakarta sekarang memasuki PPKM Level 3 apakah masih ada kepadatan di Jalan arteri Bekasi apa tidak. Kalau tidak ada kepadatan kemungkinan 'contraflow' akan segera dihentikan," kata Edy.
Baca juga: Sudinhub Jaktim rekayasa arus lalu lintas di lintas bawah Cawang
Baca juga: Lalu lintas kendaraan jam pulang kantor di Jaktim ramai

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022