Almarhum Prof Yahya A Muhaimin ​​​​​​​merupakan sosok ilmuwan berintegritas, manajerial yang andal dan sangat peduli pada kemajuan pendidikan di Tanah Air
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Alpha Amirrachman, Ph.D menyatakan bahwa almarhum mantan Mendiknas Prof. H. Yahya A Muhaimain adalah sosok ilmuwan berintegritas.

"Almarhum Prof Yahya A Muhaimin merupakan sosok ilmuwan berintegritas, manajerial yang andal dan sangat peduli pada kemajuan pendidikan di Tanah Air,” katanya dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Prof. H. Yahya A Muhaimain

Menurut dua almarhum merupakan tokoh Muhammadiyah, menjadi anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005 setelah sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman "Gus Dur" Wahid (1999-2001).

“Almarhum juga pernah menjadi Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Legasi almarhum di bidang pendidikan akan selalu kami kenang dan menjadi rujukan penting bagi setiap kebijakan pendidikan di Majelis Dikdasmen. Semoga almarhum husnul khatimah, keluarga diberikan kesabaran,” kata Alpha Amirrachman.

Prof Yahya A Muhaimin yang juga Guru Besar Universitas Gadjah Mada tersebut mengembuskan nafas terakhirnya dalam usia 79 tahun di Purwokert, Jawa Tengah pada Rabu (9/2/2022) pukul 10.15 WIB.


Baca juga: Muhammadiyah: Malik Fadjar adalah inspirasi pendidikan

Baca juga: Jokowi akui keunggulan fasilitas pendidikan dan kesehatan Muhammadiyah

Baca juga: Anwar Abbas: Almarhum Malik Fadjar pejuang pendidikan yang gigih


Baca juga: Mendikbud berkunjung ke Muhammadiyah diskusi soal pendidikan nasional

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022