Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia menguat untuk sesi ketiga berturut-turut pada perdagangan Kamis pagi, didorong oleh sektor keuangan setelah National Australia Bank (NAB) membukukan lonjakan laba kuartalan, dan karena saham teknologi memperpanjang reli.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia terangkat 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 7.315,5 poin pada pukul 23.56 GMT, melonjak hampir 3,0 persen dalam tiga sesi terakhir dan menempatkan indeks acuan di jalur untuk kenaikan mingguan kedua berturut-turut.

Sektor keuangan menguat 0,6 persen, dibantu oleh lonjakan 4,0 persen di National Australia Bank setelah pemberi pinjaman terbesar kedua di negara itu melaporkan kenaikan 9,0 persen dalam laba kuartal pertama. Tiga pemberi pinjaman lainnya di antara 'Empat Besar' menambahkan antara 0,4 persen dan 1,2 persen.

Manajer kekayaan AMP Ltd juga melonjak 4,7 persen setelah mengatakan laba setahun penuhnya naik lebih dari setengahnya, dan telah menerima "pertanyaan" untuk unit pengelolaan dana AMP Capital.


Baca juga: Saham Australia ditutup naik tajam, indeks ASX 200 melonjak 81,60 poin


Saham sektor teknologi meningkat 3,6 persen setelah Wall Street melonjak semalam didukung kenaikan saham-saham pertumbuhan megacap.

Saham Block Inc yang tercatat di Australia melonjak lebih dari 10 persen, sementara Computershare Ltd memperpanjang reli yang didorong oleh labanya ke hari kedua, terangkat 3,3 persen. Xero dan WiseTech Global masing-masing naik sekitar 3,1 persen.

Pengecer listrik dan gas Origin Energy bertambah 2,4 persen bahkan setelah mengisyaratkan biaya penurunan nilai non-tunai antara 190 juta dan 200 juta dolar Australia (136,38 juta dan 143,56 juta dolar AS) dari penjualan sahamnya senilai 2,12 miliar dolar Australia di Australia Pasifik LNG.

Baca juga: Saham Australia berakhir menguat, indeks ASX 200 melonjak 1,07 persen

AGL Energy meningkat 4,0 persen setelah mengatakan perusahaan telah berkembang secara signifikan dengan rencana untuk dipecah menjadi generator listrik massal dan pengecer energi netral karbon pada Juni 2022, dan telah mengidentifikasi 350 peran yang akan dibuat dalam prosesnya.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru menguat 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 12.514,96 poin pada pukul 23.56 GMT.


Baca juga: Bursa Australia dibuka "rebound," terkerek saham pertambangan
Baca juga: Saham Australia ditutup melemah, tertekan ekuitas perbankan-kesehatan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022