Palembang (ANTARA News) - Klub sepak bola peserta Liga Super Indonesia 2011-2012 hanya diperbolehkan menggunakan empat pemain asing, berdasarkan hasil lokakarya PSSI di Jakarta, Rabu, kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri, Faisal Mursyid.

"Musim depan, tiap klub boleh mendaftarkan empat pemain asing, tapi yang boleh diturunkan di lapangan hanya tiga orang saja," ujar Faisal.

Dia menerangkan, pada pertemuan yang membahas format liga profesional itu, ditetapkan jumlah peserta Liga Super maksimal 22 tim dan minimal 12 tim.

"Setiap tim peserta Liga Super harus mulai mengumpulkan dokumen pada minggu ketiga bulan ini, untuk diklarifikasi oleh PSSI. Dalam dokumen yang dilampirkan, setiap klub harus menyerahkan nomor rekening dengan ketentuan memiliki Rp5 miliar sebagai deposit partisipan," kata dia lagi.

Dia melanjutkan, setelah itu, PSSI akan mengumumkan tim yang lolos verifikasi sebagai peserta Liga Super pada 25 Agustus 2011.

"Rencananya kick off akan dilakukan pada 8 oktober 2011, tapi ini masih bersifat tentatif dan bisa saja berubah," ujar dia pula.

Berkaitan dengan nilai kontrak pemain asing dan lokal, menurut Faisal, PSSI telah menetapkan beberapa katagori.

"Ada pemain yang berada dalam level I (pemain timnas, Red) yang memiliki kontrak maksimal Rp500 juta, tapi ada juga pemain level II dengan nilai kontrak Rp350 juta. Artinya, setiap klub diberikan kebebasan untuk memilih pemain dari level berapa," kata dia.

Menyinggung kesiapan Sriwijaya Football Club (SFC) untuk mengarungi kompetisi musim depan, Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri, Hendri Zainuddin menyatakan tidak memiliki masalah lagi.

"Jadwal kompetisi memang kami tunggu-tunggu, dan saat ini sudah ada kepastian dari PSSI bahwa kick off akan dilakukan Oktober nanti. Jadi tinggal menyiapkan tim saja, karena skuat tim sudah ada," ujar dia.(*)

(ANT-037/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011