Jakarta (ANTARA) - Perayaan hari kasih sayang atau Valentine tidak hanya bisa dinikmati bersama pasangan, tapi juga dengan orang-orang terkasih lainnya seperti sahabat dan keluarga.

Anda juga bisa merayakan hari kasih sayang bersama sahabat online yang ditemukan di ruang virtual mengingat saat ini semua bisa terhubung lewat satu gadget.

Termasuk anda juga bisa mencari sahabat dan merayakan hari kasih sayang bersama- sama di Clubhouse.

Dalam siaran persnya, Senin, Clubhouse membagikan tiga klub dari para kreatornya untuk membahas kisah asmara serta romantis di hari kasih sayang.

Pertama Clubhouse mengenalkan klub "Saya Feminis" dengan ruangan mereka yang bertajuk "Jujurly... Sebenarnya aku...".

Baca juga: Cinta Laura bilang Valentine tak harus dirayakan bareng pasangan

Baca juga: 10 hotel dengan restoran bernuansa romantis di Indonesia


Meski difokuskan untuk membicarakan emansipasi wanita, klub ini menghadirkan ruangan yang sudah disebutkan untuk mengajak pengguna lainnya bergabung dan berlatih mengungkapkan perasaan secara jujur kepada pasangan, keluarga, hingga teman- teman terdekat untuk diungkapkan di hari Valentine.

"Klub ini terbuka untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin mereka. Klub ini merupakan sebuah wadah bagi kami untuk memberikan pendapat tentang topik-topik yang biasanya memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat, termasuk topik mengenai gender," kata pendiri dari klub "Saya Feminis" Friska Titi Nova, dikutip Senin.

"Di Indonesia, biasanya pria yang menyatakan perasaan cintanya duluan kepada perempuan. Faktanya, setiap orang bisa mengakui perasaannya, tanpa memandang adanya perbedaan gender. Nah di ruangan ini, kami mendorong semua orang, baik pria maupun perempuan untuk berani dan mengungkapkan perasaan mereka kepada orang terkasih, sehingga tepat di Hari Valentine, mereka sudah siap untuk mengatakannya secara langsung,” kata Friska Titi Nova.

Selanjutnya, Clubhouse merekomendasikan club bernama BTT atau "Butuh Tatih Tayang" Room.

Klub ini disebut memiliki kehangatan dan cinta yang penuh untuk para pengikutnya, hal itu dikarenakan konten mereka yang cukup "gado- gado".

Jika Anda mencari tawa, lelucon, dan kesenangan, inilah tempatnya. Jika Anda sudah nyaman berada di ruangan ini, anda juga bisa mengungkapkan cerita cinta Anda secara maksimal.

Klub ketiga yang diperkenalkan adalah Love Clinic Indo. Sebenarnya klub ini dibuat untuk para lajang yang belum memiliki agenda apapun di akhir pekan.

Khusus untuk anda yang masih single, mungkin klub ini cocok untuk menjadi sandaran mental secara daring sekaligus sebagai tempat curhat untuk kehidupan cinta anda.

Saat ini, Clubhouse telah tersedia dalam pengaturan Bahasa Indonesia, dan dapat dinikmati oleh semua orang. Artinya, aplikasi ini telah menghapus sistem daftar tunggu sehingga siapa pun dapat bergabung, termasuk pengguna Android.

Aplikasi ini juga telah berkembang pesat di Tanah Air dengan lebih dari 2,6 juta unduhan di bulan Desember 2021. Jumlah tersebut naik dari 1,8 juta di bulan November 2021.

Tiga klub rekomendasi di atas hanya sebagian kecil dari para kreator yang bergabung di Clubhouse mengingat ada sekitar 365 ribu klub yang kini tergabung di aplikasi Clubhouse.

Baca juga: Clubhouse catatkan pertumbuhan pengguna di akhir 2021

Baca juga: LinkedIn akan luncurkan fitur audio interaktif mirip Clubhouse

Baca juga: Clubhouse sediakan fitur baru bagikan konten

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022