Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat terbatas mendadak untuk mengantisipasi perkembangan perekonomian dunia pekan ini yang mengguncang pasar modal dan sejumlah indikator ekonomi dunia.

Rapat di Kantor Presiden, Jumat siang, diikuti sejumlah menteri perekonomian antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Marie E Pangestu, dan Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

"Rapat terbatas kabinet sore hari ini sesungguhnya tidak terjadwal tetapi saya memandang perlu. Agenda rapat hanya satu, yaitu berkaitan dengan perkembangan perekonomian dunia yang terjadi minggu ini, lebih khusus lagi hari ini," kata Presiden.

Menurut Presiden, situasi yang serupa terjadi tiga tahun lalu saat krisis ekonomi yang dipicu oleh krisis di Amerika Serikat menjalar ke seluruh dunia yang berubah menjadi krisis perekonomian global.

"Kali ini situasi yang tidak baik terjadi di Eropa, dan sesungguhnya juga di AS yang juga memunculkan situasi ekonomi dunia yang patut kita antisipasi dengan baik," katanya. (G003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011