Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical akan bersikap realistis bila memang tidak bisa maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang karena tidak mungkin untuk terpilih menjadi presiden.

"Pak Ical akan bersikap realistis soal calon presiden. Pak Ical akan menjadi king maker," kata Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Namun bagaimanapun, tambah Bambang, sudah menjadi suatu keharusan bagi partai politik untuk mengusung ketua umumnya untuk dicalonkan sebagai calon presiden.

"Secara organisasi, Ketua Umum Partai adalah orang yang dicalonkan untuk menjadi calon presiden. Partai Golkar saat ini berkomitmen untuk mengusung Ical yang sedang berjuang untuk mendapatkan elektabilitasnnya," kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Bila memang Ical tidak maju dan dimungkinkan Partai Golkar untuk mengusung calon lain, Bambang mengatakan, kemungkinan itu bisa saja terjadi. "Bisa saja ada nama lain selain dari Ical untuk jadi capres dari Golkar, namanya juga usaha," katanya.

Partai Golkar tambahnya, memiliki mekanisme untuk mencalonkan capresnya namun sampai saat ini belum diputuskan di internal Golkar. "Bisa saja dilakukan konvensi seperti dulu, tapi belum diputuskan," ujar Bambang.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011