Jakarta (ANTARA) - Direktur Pengelolaan Aset Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro Gunung Kartiko mengatakan konsep pengembangan lahan kontribusi Pantai Kita seluas 20 hektare di pulau reklamasi Pantai Indah Kapuk 2, Penjaringan, Jakarta Utara akan dimulai dari ekosistem laut.

"Sudah ada konsepnya, dua tahun ke depan sudah disusun tim. Ini sebenarnya konsepnya laut, ada untuk olah raga, jadi arahnya ke sportainment, kegiatan pantai. Pastinya kontribusi masyarakat dan UMKM harus," kata Gunung saat ditemui wartawan di jalur jalan sehat dan sepeda santai (Jalasena), kawasan Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin.

Menurut Gunung, penugasan Jakpro dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di pulau reklamasi Jakarta Utara ada dua, yakni mengelola lahan kontribusi di Pulau C (Pantai Kita) dan membangun prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) Pulau C (Pantai Kita), Pulau D (Pantai Maju), dan Pulau G (Pantai Bersama).

Baca juga: Anggota DPRD DKI minta Jakpro lebih optimal kelola aset

Penugasan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 153 Tahun 2018 tentang Penugasan kepada Perseroan Terbatas Jakarta Propertindo dalam Pengelolaan dan Pengembangan Tanah Hasil Reklamasi Pantai Utara Jakarta.

Saat ini, pembangunan di pulau-pulau reklamasi tersebut sudah mulai berjalan antara lain pembangunan jalur Jalasena atau Jalan Sehat dan Sepeda Santai, lalu shelter bus TransJakarta, jalur pedestrian, dan jalur pesepeda di kawasan Pantai Maju.

Selain itu pada Senin sore tadi, Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto mengatakan penamaan dan pemasangan plang jalan dan jembatan, serta totem nama taman dan bundaran yang total berjumlah sebelas objek hasil sayembara 'Kita Kasih Nama' di Pantai Kita dan Pantai Maju pun sudah dilaksanakan.

Berikutnya, kata Widi, Jakpro akan menggelar sejumlah aktivasi ruang publik di antaranya pertama menggiatkan aktivitas Pasar Segar (fresh market) dengan memberdayakan warga lokal, para nelayan, dan pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dijelaskan Gunung, konsep yang dimaksud Fresh Market ini layaknya seperti restoran, dimana suplai makanan lautnya segar karena didatangkan langsung dari nelayan yang bersandar di pantai pulau reklamasi.

Selanjutnya, Widi mengatakan Jakpro juga akan menggelar Jakarta Morning Ride (Jakmori), yakni kegiatan bersepeda santai di pagi hari dengan rute menuju Pantai Kita, Maju, dan Bersama, berkolaborasi dengan jejaring komunitas sepeda se-Jakarta Utara.

Baca juga: Jakpro tepis tudingan IYC batal karena JIS belum siap peluncuran awal

"Saya sudah ke sini mencoba ikut bersepeda sekitar 30 Km, sempat kram saya," kata Widi.

Namun kegiatan-kegiatan olah raga itu akan diperbanyak untuk menunjang aktivitas warga Jakarta, khususnya di Jakarta Utara.

Jakpro pun akan mengadakan festival pantai dan olahraga (Beach Sport Festival) dengan kombinasi cabang olah raga air dan darat serta mempromosikan olahraga dan hiburan (sport and entertainment/ sportainment) di kawasan Pantai Kita, Maju, Bersama ini untuk kesejahteraan masyarakat secara luas.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022