Tokyo (ANTARA Newss) - Jepang, Senin, memberikan visa kepada buronan Thailand, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang mengasingkan diri, untuk meningkatkan hubungan dengan Thailand di bawah pemerintahan baru pimpinan adik Thaksin.

Tokyo mengatakan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra telah meminta Jepang mengeluarkan visa untuk Thaksin, langkah yang berlawanan dengan pemerintahan Thailand sebelumnya yang mencabut paspor miliarder Thailand itu.

"Kebijakan pemerintah Yingluck bukanlah untuk melarang mantan perdana menteri Thaksin dari bepergian ke negara manapun dan telah meminta bantuan kami untuk menerima mantan PM Thaksin berkunjung di Jepang dan untuk mengeluarkan visa," kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano dalam konferensi pers.

"Mengingat hubungan bilateral ini adalah salah satu bentuk respon kita atas permintaan resmi pemerintah saat ini."

Thaksin, 62, melarikan diri ke pengasingan pada 2008 beberapa pekan sebelum dihukum. Dia yakin pengasingannya itu adalah bagian dari balas dendam lawan-lawan politiknya yang berencana menggulingkannya melalui sebuah kudeta pada 2006 dan menekan pengadilan untuk memenjarakan dia.(*)

SYS/G003/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011