Jakarta (ANTARA) - Gojek Indonesia menyatakan telah melakukan uji coba komersial motor listrik untuk digunakan oleh mitra pengendara perusahaannya sebagai komitmen menyediakan layanan transportasi ojek tanpa emisi.
 
Co-founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan dari uji coba selama beberapa bulan itu pihaknya mendapat banyak masukan mulai dari mitra pengendara hingga konsumen.
 
"Kami bisa mendapatkan berbagai insight dari mitra driver dan penumpang, seperti misalnya terkait operasional kendaraan listrik termasuk pengalaman dalam berkendara, penghematan hingga kemudahan penggantian baterai sebagai sumber daya kendaraan," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Rabu.
 
Selama uji coba komersial itu, biaya operasional mitra pengendara Gojek saat memakai kendaraan listrik diklaim lebih hemat hingga Rp700 ribu per bulan bila dibandingkan kendaraan konvensional.
 
Kevin menyampaikan bahwa berbagai persepsi itu akan dimanfaatkan untuk menjadi landasan rencana bisnis Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama, dalam mengembangkan kendaraan listrik ke depan.
 
Gojek berkomitmen menjadi platform karbon netral dan menargetkan 100 persen armadanya memakai kendaraan listrik pada 2030. Komitmen itu diklaim sesuai dengan satu dari tiga prioritas G20 Indonesia tahun ini, yakni transisi energi.
 
Sebelumnya, Electrum bersama Pertamina, Gogoro, dan Gesits, telah menjalin sinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.
 
Langkah kolaborasi BUMN dan swasta ini bertujuan mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia.
 
Presiden Joko Widodo mengapresiasi kolaborasi tersebut yang secara konsisten mengakselerasi kendaraan listrik di Indonesia.
 
Menurutnya kolaborasi itu sejalan dengan isu prioritas yang dibawa pemerintah Indonesia dalam G20 Summit, salah satunya terkait transisi energi yang berkelanjutan, termasuk percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Baca juga: Electrum diresmikan Jokowi, GoRide Electric bisa dipesan di Gojek
Baca juga: Electrum, Pertamina, Gogoro, Gesits uji coba komersial EV roda dua
Baca juga: Erick upayakan kerja sama motor listrik GESITS dengan Gojek dan Grab
Baca juga: Inovasi Gojek 2022, Gosend roda empat hingga Gosend multi-delivery

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022