Jakarta (ANTARA) - Platform bimbingan belajar daring Ruangguru menyediakan berbagai materi dan soal latihan yang dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk seleksi masuk perguruan tinggi dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Dilansir dari laman resmi Ruangguru di Jakarta, Kamis, penyediaan materi atau soal ini untuk mengakomodasi pelajar SMA yang ingin berpindah jurusan saat kuliah nanti. Ruangguru menyediakan metode agar siswa dapat mempelajari materi lintas jurusan secara tersusun.

Pelajar bisa membaca rangkuman materi setiap pelajaran dari kelas 10 sampai 12. Materi pelajaran pun dikemas dengan menarik dalam bentuk video animasi dan infografis.

Ruangguru pun memberikan saran agar pelajar dapat memahami sebelum memilih jurusan. Pertama, pelajar perlu mencari tahu apakah jurusan yang diinginkan memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan. Meskipun peluangnya kecil, pelajar boleh mendaftar lintas jurusan di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan.

Namun, pelajar perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan favorit memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan. Sebab, ada beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang tidak membuka kesempatan bagi siswa yang jurusannya (IPA atau IPS) di SMA, berbeda dengan rumpun jurusan yang ditujunya (Saintek atau Soshum).

Kedua, fokus membaca rangkuman materi setiap pelajaran. Pelajar bisa mulai belajar dengan memahami rangkuman materi setiap pelajaran. Memahami materi pelajaran IPS/IPA yang tidak pernah didapatkan selama tiga tahun duduk di bangku SMA awalnya akan terasa sulit. Akan tetapi, pelajar bisa memulainya dengan mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran.

Ketiga, setelah selesai mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran, pelajar bisa mulai mengerjakan latihan soal. Pelajar yang rutin mengerjakan latihan soal, maka akan semakin terbiasa dengan konsep dan pola pertanyaan yang digunakan pada tes UTBK SBMPTN. Latihan-latihan soal itu bisa berasal dari tryout yang diberikan di sekolah atau latihan soal yang diberikan Ruangguru.

Keempat, harus memahami konsep materinya, bukan hanya menghafal. Karena banyak materi yang harus dipelajari, pelajar harus membuat jadwal belajar yang baik dan tentunya harus dilaksanakan. Misalnya, minggu pertama mengupas tuntas materi pelajaran Sejarah, minggu kedua memahami materi pelajaran Ekonomi, dan seterusnya. Jadwal belajar ini akan membuat lebih fokus dan mudah menyerap setiap materi pelajaran.

Kelima, tetap mempersiapkan diri untuk Tes Potensi Skolastik (TPS). UTBK SBMPTN 2021 terdiri dari dua tes, yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Meskipun banyak yang harus dikejar untuk menghadapi TKA, pelajar tak boleh melupakan persiapan untuk mengerjakan TPS. TPS digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022