Jakarta (ANTARA) -
Platform bimbingan belajar daring Ruangguru mengatakan manajemen waktu menjadi hal penting bagi siswa dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
Siswa perlu menyadari pentingnya time management bukan hanya saat belajar tapi juga saat mengerjakan UTBK, tulis pernyataan Ruangguru yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Ruangguru menyampaikan dalam perjalanan menuju UTBK, siswa harus menghadapi berbagai proses persiapan. Selain mempelajari materi-materi yang akan diujikan, siswa juga harus melakukan riset untuk memilih jurusan atau perguruan tinggi dan menyiapkan dokumen untuk pendaftaran.
 
Ruangguru mengemukakan, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menerapkan manajemen waktu saat mengerjakan soal UTBK, yakni skimming semua soal terlebih dahulu dan buat pembagian waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut.
 
Hal ini penting terutama ketika menghadapi soal yang sulit, jangan sampai terlalu banyak menghabiskan waktu untuk satu soal, paparnya.

Baca juga: Nilai UTBK bisa digunakan untuk seleksi mandiri

Baca juga: Ruangguru: Sukses hadapi UTBK tak hanya ditentukan kemampuan teknis

 
Kemudian, kerjakan mulai dari soal yang paling mudah terlebih dahulu. Lalu, teliti dalam membaca soal dan instruksi untuk menghindari kesalahan yang dapat membuat waktu mengerjakan semakin lama.
 
Selain itu, jangan lupa untuk mengecek jam saat mengerjakan ujian. Sering berlatih mengerjakan soal atau tryout dan menggunakan timer saat mengerjakan agar semakin terbiasa dan dapat meningkatkan kecepatan mengerjakan soal.
 
Manajemen Ruangguru juga menyampaikan, platform Ruangguru memiliki fitur ruanguji di mana siswa dapat berlatih dengan mengerjakan soal-soal try out UTBK secara gratis.
 
Disampaikannya, ruanguji menyediakan kumpulan try out gratis serta premium (berbayar) mengenai materi-materi PAS/PTS/AKM/UTBK yang dapat membantu siswa untuk mengukur pemahaman dan pengetahuannya serta semakin siap dalam menghadapi ujian.
 
Try out ini tersedia pada jenjang SD/SMP/SMA/SMK yang sesuai dengan ketentuan kurikulum nasional, tulis Ruangguru.
 
Dijelaskan, terdapat kelebihan pada try out premium, yakni dapat dikerjakan kapan saja secara fleksibel, tersedia dengan kumpulan soal-soal terbaru.
 
Di samping itu, juga terdapat penilaian menggunakan sistem IRT (item response theory), memunculkan nilai dan jumlah soal salah atau benar setelah pengguna menyelesaikan soal try out, serta terdapat video pembahasan soal yang detail dalam mengupas tuntas hasil try out.

Baca juga: Ruangguru selenggarakan program terintegrasi untuk hadapi UTBK

Baca juga: Ruangguru sediakan materi bantu siswa untuk seleksi perguruan tinggi

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022