Jakarta (ANTARA) - IPCC Terminal Kendaraan Tanjung Priok berkolaborasi dengan perusahaan penyedia platform pendidikan, Ruangguru, untuk melatih keterampilan Bahasa Inggris bagi siswa sekolah dari Sabang hingga Merauke.

Program Tanggung Jawab Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) BUMN anak usaha PT Pelindo yang juga dikenal dengan nama PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk ini melibatkan 100 siswa dari 18 provinsi.

"Kami menggandeng Ruangguru karena memiliki kompetensi menyelenggarakan pendidikan berbasis digital yang memang dibutuhkan selama periode pemulihan dari pandemi," kata Direktur Utama IPCC, Rio TN Lasse dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut Rio, provinsi yang dilibatkan dalam program ini, yakni Banda Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bandar Lampung, Banten, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selanjutnya Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Maluku, Papua.

Berangkat dari semangat G20 "Recover Together, Recover Stronger", IPCC bertekad membangkitkan kembali semangat generasi muda Indonesia untuk belajar dan berkembang pada era transformasi sistem pendidikan berbasis digital.

Baca juga: IPCC Tanjung Priok pastikan bisnis terminal kendaraan kian cerah

Selaras dengan semangat baru IPCC, “Beyond The Gate”, untuk menjadi pendobrak keterbatasan akses pendidikan yang sebelumnya kurang terjangkau oleh generasi muda di pelosok, kini dapat diakses dengan lebih mudah berkat adanya teknologi digital.

Dengan adanya program ini, IPCC berharap tidak ada lagi kekhawatiran generasi muda Indonesia dalam mengakses pendidikan, khususnya bahasa asing.

"Target kami adalah peningkatan kualitas SDM Indonesia agar mampu berkembang dan bersaing secara global," kata Rio.

Rio juga menjelaskan, untuk tahun perdana ini, akan dikhususkan untuk Kelas 12 agar tahun depan mereka bisa mempersiapkan diri untuk melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan, membuka lapangan pekerjaan baru atau masuk ke dunia kerja.

“Melihat antusiasme generasi muda yang cukup tinggi akan program ini, IPCC bertekad untuk menyelenggarakan program ini secara rutin setiap tahunnya dengan menyasar generasi muda yang lebih beragam baik secara jenjang maupun daerah tempat tinggal,” kata Rio.

IPCC Terminal Kendaraan merupakan anak usaha PT Pelindo Multi Terminal yang merupakan subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang menyediakan jasa layanan terminal kendaraan meliputi bongkar muat, kargo, penerimaan dan pengantaran.

Baca juga: IPCC berupaya jadi ekosistem terminal mobil

Tak hanya inovasi bagi IPCC, program beasiswa Bahasa Inggris ini juga merupakan terobosan baru dari Ruangguru.

Program ini dilandasi tingginya antusiasme generasi muda untuk belajar Bahasa Inggris serta komitmen pemerintah untuk mendukung perluasan program beasiswa dalam upaya mencetak SDM unggul.

"Tingginya antusiasme dari siswa terbukti dari banyaknya pendaftar program yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Merauke bahkan pulau-pulau kecil lainnya," kata Senior Vice President Corporate Strategy and Finance Ruangguru, Arman Wiratmoko.

Arman menyampaikan apresiasi dengan kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh IPCC untuk menjadi bagian dari program CSR ini.

Tujuan yang dibawa IPCC sejalan dengan visi Ruangguru, yaitu untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi siswa-siswi di Indonesia, dalam hal ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.

"Semangat untuk meningkatkan pendidikan ini kami sambut baik dengan menghadirkan pengajar dan modul yang berkualitas," katanya.

Ruangguru percaya kolaborasi program CSR dengan IPCC selaku bagian dari perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia akan memberikan dampak positif untuk masyarakat.

​​​​

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022