Jakarta (ANTARA) -
Platform bimbingan belajar daring Ruangguru menilai metode pembelajaran Alta School dapat menjadi solusi untuk mengembangkan Intelligence Quotient (IQ) dan emotional quotient (EQ) anak.
 
Manajemen Ruangguru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis menyampaikan Alta School adalah sekolah online berbasis homeschooling yang setara dengan sekolah konvensional dan didesain khusus untuk menyiapkan generasi pemimpin masa depan yang menguasai literasi serta memiliki kompetensi dan karakter yang kuat.
 
Kurikulum yang digunakan sesuai dengan kurikulum nasional dan tersedia untuk jenjang PAUD hingga SD, paparnya.
   
Ruangguru menjelaskan, kurikulum Alta School menekankan pada pembelajaran holistik yang berfokus pada beberapa aspek, seperti aspek kemanusiaan, yakni mempersiapkan siswa agar dapat berdampak di masyarakat berdasarkan nilai-nilai budaya luhur Indonesia. 
 
Kemudian aspek sosial, emosional dan kemandirian, yakni mempersiapkan siswa untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, tradisi, dan saling berkomunikasi serta bekerjasama.
 
Lalu aspek kognitif, yakni mengelola diri secara utuh melalui literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi saintifik, dan literasi sosial budaya. 
 
Dan aspek seni dan olahraga, yakni melakukan aktivitas interaktif dari segi kreativitas dan jasmani dengan tujuan melatih kemampuan seni dan motorik.


Ruangguru menambahkan, tipe kecerdasan IQ dan EQ perlu dikembangkan untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
 
Umumnya, disampaikan, skor tinggi pada tes IQ dikaitkan dengan pencapaian dan performa yang lebih baik saat sekolah dan bekerja. 
 
Sedangkan EQ memiliki kaitan dengan keterampilan sosial serta kemampuan menghadapi stres yang juga akan berpengaruh pada kehidupan anak dalam jangka panjang.
 
Kedua jenis kecerdasan ini dapat memengaruhi pencapaian dalam sekolah, pekerjaan, hubungan sosial, dan kualitas hidup secara keseluruhan, tulis pernyataan Ruangguru.
 
Ruangguru menilai, memahami dan mengembangkan keduanya merupakan cara terbaik untuk meningkatkan peluang keberhasilan anak di semua bidang kehidupan.

Baca juga: Ruangguru : Manajemen waktu penting hadapi UTBK
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022