Pekerja rentan bekerja pada sektor informal yang kondisinya jauh dari nilai standar dan memiliki risiko tinggi serta berpenghasilan minim
Ambon (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menyosialisasikan program perlindungan atau jaminan sosial bagi pekerja rentan di Kota Ambon. Maluku.

"Pekerja formal maupun informal, sama-sama memiliki risiko dalam bekerja. Apalagi dalam kondisi pandemi yang membuat siapapun seharusnya mendapatkan jaminan sosial," kata Anggota Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Aditya Warman di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan sesuai mandat peraturan perundangan yang diamanatkan negara, BPJAMSOSTEK wajib melakukan sosialisasi kepada pekerja, agar dilindungi dalam program jaminan sosial.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku salurkan bantuan Rp67 juta untuk Masamba

"Pekerja rentan bekerja pada sektor informal yang kondisi kerja mereka jauh dari nilai standar dan memiliki risiko yang tinggi serta berpenghasilan sangat minim, karena itu pemerintah daerah bersama swasta berkewajiban melindungi pekerja rentan," katanya.

Pekerja rentan, katanya, selain dilindungi pemerintah tetapi harus mampu mengembangkan diri dan mendorong kelompok untuk menjadi mandiri salah satu kuncinya adalah meningkatkan keterampilan.

Pemerintah daerah bersama BPJS Ketenagakerjaan di Maluku, katanya, juga harus menjadikan setiap usaha pekerja rentan menjadi bagian perubahan usaha, kualitas, proses dan pelayanan.

Baca juga: Dewas BPJAMSOSTEK buka ruang dialog terkait JKP dan JHT

"Tanpa itu maka pekerja rentan akan gagal menjadi pekerja mandiri," katanya.

Ia mengakui, pekerja rentan selamanya tidak bisa dibantu dengan bantuan modal atau Bantuan Subsidi Upah (BSU), tetapi harus menemukan kembali bakat dan potensi sesuai daerah masing- masing.

"Pemerintah harus hadir mendampingi sampai mereka mampu menjadi orang-orang yang bisa berdiri di atas  kaki sendiri," katanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Banuspa matangkan kesiapan Bali ikuti Paritrana Award

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Maluku, Mangasa Laorensius Oloan menambahkan, sosialisasi perlindungan jaminan sosial dilakukan di setiap desa dan kelurahan di Ambon.

"Hari ini kita lakukan sosialisasi di Kelurahan Nusaniwe bagi pekerja rentan, agar ke depan walaupun ada keterbatasan anggaran dari Pemkot Ambon, tetapi terbangun rasa kemandirian dan kesadaran diri untuk memberikan perlindungan pada diri sendiri dengan program mandiri," katanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Banuspa: 911 anak pekerja di Bali peroleh manfaat beasiswa

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022