Jayapura (ANTARA) - Tim SAR gabungan, Kamis ini, mengevakuasi dua anak buah kapal (ABK) KM Sepakat III di perairan Arafura, Kabupaten Merauke, dengan selamat.

Kedua ABK yakni Maikel dan Irgan, di evakuasi sekitar pukul 10.30 WIT dan dibawa ke dermaga Basarnas Merauke di kampung Sidomulyo, kata Kepala Seksi Operasi Fajar Yuniarto selaku Sar Mission Coordinator (SMC), Kamis
 
Dari laporan yang diterima, evakuasi dilakukan karena kapal mereka mengalami mati mesin, bahkan posisi kapal telah bergeser cukup jauh dari posisi awal dilaporkan disebabkan pasang surut air laut, kata Fajar.

Cuaca memang sedikit kurang bersahabat, namun menjelang siang jauh lebih kondusif sehingga proses evakuasi berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti.

Baca juga: SAR gabungan evakuasi dua jenazah long boat terbalik di Merauke

Baca juga: SAR cari ABK KMN Ringgo Natuna yang tenggelam diperairan Merauke


KM Sepakat III memiliki 13 anak buah kapal beserta nakhoda, namun saat insiden terjadi 11 orang diantaranya telah dievakuasi kapal nelayan lain yang kebetulan posisinya dekat dengan kapal naas itu.

Dua ABK, yakni nakhoda dan kepala kamar mesinnya tetap berada di kapal hingga akhirnya dievakuasi tim SAR dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB).

Kapal naas itu sendiri masih berada di sekitar perairan Arafuru tepatnya di perairan Kampung Kuler, Merauke, kata Fajar.*

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan mayat Ibrahim yang jatuh di sungai Digul

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jenazah ABK KM Bintang di Sungai Kumbe

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022