Jakarta (ANTARA) - PT Sarinah sebagai anggota Holding BUMN Pariwisata bersama perusahaan global travel retail ternama yakni DUFRY International AG, dan Groupo Industrial Omega SA de CV akan segera membuka gerai bebas bea atau duty-free shop dalam kota di Sarinah Thamrin Jakarta dalam rangka mendukung pelaku UMKM Indonesia.

"Kerjasama ini sejak dirintis hingga kini sampai pada realisasinya merupakan sebuah upaya yang cukup panjang dan menuntut Sarinah menyempurnakan DNA management-nya untuk menjadi worldclass retail player," ujar Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Fetty menambahkan bahwa Sarinah bisa banyak belajar global consumers insight dari Dufry. Jika Sarinah yang bertransformasi menjadi Community Mall dan lokomotif mesin penggerak UMKM dan produk nusantara unggulan ini dapat memanen rantai nilai dan rantai pasok Dufry, maka Sarinah dapat turut membawa gerbong produk UMKM, dan usaha perempuan ke pasar global.

"Sebaliknya Dufry dapat memperoleh akses pasar di Indonesia dimana peran Sarinah juga cukup instrumental karena ada wadahnya, ada pembinaannya, ada jejaring yang luas karena Sarinah juga ada dalam payung Holding Pariwisata. Akses kepada bandara internasional di Indonesia misalnya juga akan sangat bermakna bagi Dufry dalam melebarkan sayap bisnis bebas bea di Indonesia," katanya.

Baca juga: Sandiaga apresiasi kolaborasi Tjufoo dan Sarinah untuk majukan UMKM

Sarinah, beserta Dufry dan Omega yang telah menandatangani Perjanjian Usaha Patungan (Joint Venture Agreement), kini siap mewujudkannya pada duty-free shop saat Sarinah dibuka Juni 2022 mendatang.

Kehadiran Sarinah Downtown Duty Free shop ini akan tampil dalam enam tema besar yaitu heartwarming gift to the one, a taste of spice, bittersweet memories, rejuvenate the soul, embrace the authenticity, and tailored to perfection yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pelancong baik dalam maupun luar negeri.

Dalam rangka memperkenalkan program down town duty-free shop ini, maka Sarinah bersama dengan Jakarta Content Week melaksanakan Sarinah Jakarta Content Week Festival (Sarinah Jaktent) yang telah berlangsung sejak November 2021 dengan tema “To Gather Again”.

Ajang ini menampilkan para pakar dan jenama Sarinah dengan total tiga sesi yang penyusunan programnya dilakukan oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurter Buchmesse sebagai penyelenggara Jakarta Content Week sejak 2020.

Baca juga: Sarinah Jaktent 2021 digelar promosikan jenama lokal berkualitas

General Manager Sarinah Jaktent 2022 Alvinta Purba menyampaikan bahwa keterlibatan Jaktent dalam proses transformasi Sarinah adalah untuk turut membangun literasi dan konten brand lokal keren atau local hero agar dicintai bangsanya, karena brand yang mendunia harus dicintai bangsanya sendiri dulu baru brand lokal akan memikat pasar dunia.

"Apalagi pasar domestik kita dengan penduduk yang besar menjadi pasar yang logis dan menggiurkan untuk menjadi tuan rumah produknya sendiri," kata Alvinta Purba.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022