Jakarta (ANTARA) - Ja Morant mendulang 46 poin demi membantu Memphis Grizzlies menghentikan tren positif Chicago Bulls dengan menang 116-110 atas lawannya itu dalam lawatan ke United Center, Illinois, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Raihan 46 poin tersebut menandai dua rekor, yakni raupan angka terbanyak Morant sepanjang kariernya serta jumlah poin terbanyak yang pernah dicapai seorang pemain Grizzlies dalam sebuah pertandingan musim reguler.

Steven Adams membantu Morant dengan dominasi bola pantul lewat 21 rebound yang diamankannya disertai 12 poin. Sementara Desmond Bane mencetak 12 poin dan Tyus Jones menyumbang 11 poin demi membawa Grizzlies kembali ke jalur kemenangan seusai kalah pada dua gim sebelumnya.

Baca juga: Trae Young borong 41 poin, Hawks atasi Raptors 127-100

Catatan rekor juga terjadi di kubu Bulls, di mana Demar DeRozan menempatkan dirinya sejajar dengan Michael Jordan dalam hal mencetak 30 poin atau lebih untuk 10 gim beruntun.

DeRozan menutup laga dengan 31 poin, Zach LaVine menambahkan 28 poin, Coby White mendapatkan 15 poin dan Nikola Vucevic memperoleh dwiganda 11 poin serta 12 rebound, tapi itu semua gagal menghindarkan Bulls dari kekalahan pertama dalam tujuh penampilan terakhir, demikian catatan situs resmi NBA.

Sejak merebut keunggulan pada awal kuarter pertama, Grizzlies relatif konsisten memimpin atas Bulls meskipun mereka sempat lengah dan nyaris memberi kesempatan tuan rumah untuk membalikkan keadaan.

Grizzlies sempat memimpin hingga sejauh 17 poin dalam kedudukan 87-70 dan 89-72 pada menit-menit akhir kuarter ketiga sebelum Morant menghabiskan sisa periode itu beristirahat di bangku cadangan untuk memompa tenaga.

Kuarter pemungkas dibuka dengan layup dari Jaren Jackson Jr. yang membawa Grizzlies menjauh 95-79 tapi Bulls bangkit bertopang rentetan 14 poin tanpa balas diakhiri dua lemparan bebas DeRozan demi mendekat 99-101 saat gim menyisakan waktu empat menit 38 detik.

Baca juga: Jaylen Brown, Jayson Tatum pimpin Celtics atasi Pistons

Jarak semakin berhasil dipertipis oleh Bulls saat White melesakkan tripoin demi membuat kedudukan 105-106 pada sisa waktu dua menit 30 detik.

Bulls terus mengancam keunggulan Grizzlies ketika LaVine melesakkan dua lemparan bebas demi membuat kedudukan 110-111 pada sisa waktu 25,5 detik.

Grizzlies menjawabnya dengan dua lemparan bebas lain dari Jones sebelum perjuangan mereka mendapat titik terang lantaran DeRozan menerima technical foul kedua dan harus meninggalkan lapangan diikuti dua lemparan bebas Morant yang mengunci kemenangan 116-110 hanya 5,3 detik menjelang bubaran.

Kedua tim akan memulai penampilan untuk rangkaian pertandingan pekan berikutnya pada Senin (28/2) waktu setempat saat Grizzlies menjamu San Antonio Spurs di Memphis dan Bulls terbang ke Florida menghadapi Miami Heat.

Baca juga: Bam Adebayo puas Heat menang berbekal kolektivitas atas Knicks
Baca juga: Ringkasan NBA: Debut dominan Harden antarkan Sixers gilas Timberwolves

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022