Jakarta (ANTARA) - Miami Heat sukses meredam momentum positif San Antonio Spurs pada menit-menit akhir demi mengunci kemenangan 133-129 dalam lanjutan NBA di FTX Arena, Florida, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Pertandingan itu menyajikan pertunjukan menawan di mana baik tuan rumah Heat maupun Spurs mencapai akurasi tembakan terbuka di atas 50 persen, tripoin di atas 40 persen dan lemparan bebas di atas 70 persen.

Sayangnya, Spurs lebih banyak kehilangan bola dan 20 kali melakukan turnover atau nyaris dua kali lipat dibandingkan 11 kali yang dilakukan Heat. Heat juga jauh lebih efisien memanfaatkan situasi turnover tersebut mengkonversinya jadi 31 poin dibandingkan Spurs yang hanya memperoleh 10 poin dari situasi serupa.

Baca juga: Ja Morant cetak dua rekor saat Grizzlies hentikan tren positif Bulls

Sukses bangkit dari ketertinggalan berjarak 16 poin yang sempat terjadi pada akhir kuarter pertama, Heat sempat menciptakan keunggulan sejauh 17 poin pada sepertiga awal kuarter keempat.

Tuan rumah lantas memantik momentum positif dan mendekat 122-126 lewat layup Tre Jones saat pertandingan menyisakan dua menit saja.

Tripoin dari Kyle Lowry disusul layup Bam Adebayo membawa Heat kembali menjauh 131-122 tapi Spurs menjawabnya dengan meraup tujuh poin berikutnya tanpa balas yang diakhiri tripoin Keita Bates-Diop untuk mendekat 129-131 pada sisa waktu 9,2 detik.

Sayangnya nafsu untuk menyerang membuat Jones melakukan pelanggaran yang memberi kesempatan Gabe Vincent melesakkan dua lemparan bebas pengunci kemenangan 133-129 bagi Heat.

Adebayo menutup pertandingan dengan torehan 36 poin diikuti Jimmy Butler dan Tyler Herro sama-sama mengemas 27 poin sedangkan Lowry mencapai dwiganda 13 poin dan 10 rebound demi membantu Heat mendulang tiga kemenangan beruntun.

Baca juga: Trae Young borong 41 poin, Hawks atasi Raptors 127-100

Bintang Spurs Dejounte Murray terpaksa diistirahatkan oleh Gregg Popovich dan mereka harus rela menelan kekalahan pertama dalam tiga gim terakhir.

Bates-Diop, Devin Vassell dan Lonnie Walker IV masing-masing mengemas 22 poin, di mana Bates-Diop melengkapinya jadi dwiganda dengan 11 rebound. Jones juga mencapai dwiganda lewat 19 poin dan 11 assist, sementara Jock Landale turut menyumbang 14 poin bagi Spurs, demikian catatan situs resmi NBA.

Kedua tim selanjutnya dijadwalkan melantai lagi pada Senin (28/2) waktu setempat, saat Heat melakoni duel papan atas Wilayah Timur saat menjamu Chicago Bulls dan Spurs bertandang ke markas Memphis Grizzlies.

Baca juga: Jaylen Brown, Jayson Tatum pimpin Celtics atasi Pistons
Baca juga: LeBron James berencana tetap bersama LA Lakers

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022