Jakarta (ANTARA News) - China mengalahkan Amerika Serikat sebagai pasar komputer PC terbesar di dunia pada kuartal dua, menurut data baru dari kelompok riset.

Pergeseran itu menandai pertama kalinya China melewati Amerika Serikat (AS) sebagai pasar komputer PC terbesar di dunia.

Menurut penelitian PC Tracker International Data Corp di seluruh dunia, pengiriman PC di China mencapai 18,5 juta unit dengan keuntungan senilai $ 11,9 milyar pada kuartal April-Juni, sedangkan pengiriman PC di AS hanya mencapai 17,7 juta unit dengan keuntungan senilai $ 11,7 milyar.

Laporan itu menyebutkan China menyumbangkan 22 % pasar PC di dunia dalam hal pengiriman, sedangkan AS hanya menyumbangkan 21 % pasar PC.

Menurut IDC, penjualan PC di AS turun 11 % pada kuartal pertama dari tahun lalu sekaligus menandai penurunan terbesar dalam hampir satu dekade di AS.

Meskipun China berhasil melampaui AS pada kuartal kedua, International Data mengharapkan pasar AS tetap berada di puncak dalam perhitungan setahun penuh.

"Dalam setahun penuh, IDC masih mengharapkan AS tetap menjadi pasar terbesar pada 2011 dengan perkiraan 73.5 juta unit dikirimkan dibandingkan 72.4 juta di China," kata kelompok riset.

"Demikian pula, kebiasaan belanja pada musim liburan di AS kemungkinan akan membuat AS mengalahkan China pada kuartal empat, terutama kontrak pasar China kontrak terjadi setelah promosi pada kuartal ketiga, musim panas."

International Data mengatakan itu bukanlah proyek China untuk melangkahi AS dalam pengiriman setiap tahunnya hingga 2012, ketika 85.2 juta unit diprediksi menuju China dan 76.6 juta unit masuk ke AS.

Data menunjukan beberapa produk manufaktur dikeluarkan berdasarkan musimnya (dan sesuatu yang telah kita ikuti dalam laporan kita)- penjualan tablet akan menutupi penjualan laptop di AS pada tahun depan dan diprediksi penjualan tablet akan menyusul penjualan PC.

Pekan lalu, Pembuat PC terbesar di dunia Hewlett-Packard Co. sedang mempertimbangkan keluar dari bisnis PC dengan menjual unit PC, atau merombak unitnya menjadi perusahaan mandiri.

Namun berbeda dengan pembuat perangkat keras lainnya, HP menyerah dalam pasar tablet dan ponsel pintar sebagai platform masa depannya, menghentikan lini perangkat yang menjalankan sistem operasi WebOS.

HP sedang menjajaki pilihan dengan WebOS dan kemungkinan bisa menghentikan ijin perangkat lunak pada tablet lain dan pembuat telepon.

Wakil Presiden International Data Kitty Fok dalam sebuah pernyataan mengatakan meskipun pasar PC China naik dan pasar PC AS menyusut, China masih dibayang-bayangi resiko seperti inflasi dan dampak dari kondisi ekonomi yang tidak stabil di AS dan Eropa.

"Kepemimpinan China dalam pasar PC menandakan pergeseran besar peningkatan keuntungan dalam pasar berkembang sama relatif stagnan dengan negara-negara maju," kata Loren Loverde, Wakil Presiden International Data untuk peneliti PC Tracker dalam sebuah pernyataan.

"Perputaran ekonomi di AS dan pasar lain yang bergerak cepat dapat memiliki dampak signifikan bertepatan kepemimpinan China, mereka tidak memiliki kesempatan mengubah tren, tapi hanya mengakselerasikannya," katanya dikutip Los Angeles Times.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011