Bandung (ANTARA News) - Puncak arus mudik Lebaran 2011 di jalur Nagreg pada Sabtu dan Minggu mendekati kenyataan menyusul meningkatnya kepadatan arus kendaraan di jalur selatan itu.

"Prediksi puncak mudik di Nagreg pada Sabtu atau Minggu menjadi kenyataan. Hampir sepanjang Sabtu arus lalu lintas di Nagreg padat dan terjadi antrean hingga tengah malam," kata Kapolres Bandung, AKPB Sony Sonjaya di Nagreg, Sabtu.

Kemacetan di kawasan Nagreg pada Sabtu hingga pukul 24.00 WIB masih terus terjadi. Antrean kendaraan memanjang dari Nagreg hingga kawasan Limbangan - Malangbong - Ciawi nyaris tidak terputus.

Iring-iringan kendaraan pemudik terjadi sepanjang hari, termasuk dominasi kendaraan roda dua melaju di sela-sela kendaraan yang terjebak macet.

Sejumlah kendaraan pemudik mogok di kawasan Ciburial dan Ciaro sehingga mengakibatkan ketersendatan arus lalu lintas di jalur selatan itu. Mobil derek bolak-balik menarik kendaraan yang mogok di tengah-tengah kepadatan arus lalu lintas pemudik yang beberapa kali macet total.

"Sejumlah mobil mogok di kawasan Ciburial, jalurnya agak menanjak sehingga cukup berat bagi kendaraan yang mengantre dan bergerak pelan," katanya.

Sementara itu ruas Limbangan - Sasakbeusi diberlakukan sistem satu arah atau "one way" dengan prioritas arus lalu lintas dari arah barat atau dari arah Bandung.

Sistem one way juga dilakukan di ruas jalan Nagreg - Leles Garut. Hingga tengah malam jalur yang mengakses ke Kota Garut itu masih diberlakukan sistem tutup buka.

Arus lalu lintas dari arah Garut bahkan tidak bergerak sama sekali akibat adanya ketersendatan di ruas jalan yang didominasi kendaraan dari arah Bandung.

Jalur Garut menjadi jalur pelimpahan arus kendaraan yang semula akan menggunakan jalur Limbangan. Pengalihan jalur dilakukan melalui Jalan Cagak Nagreg yang dilakukan dengan sistem tutup buka.

"Bila jalur Limbangan sudah surut, dikembalikan ke jalur utama, namun bila ekor kemacetan hingga ke kawasan Pamucatan maka dialirkan melalui Garut," kata Kasat Lantas Polres Bandung AKP Eka Permatasari.

Meski Sabtu diprediksi menjadi puncak arus mudik di kawasan Nagreg, namun jajaran Polres Bandung tetap siaga untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan kemungkinan puncak mudik hingga Minggu malam.

Kecelakaan maut mewarnai arus mudik Lebaran di jalur Nagreg dimana tiga orang pemudik tewas akibat kecelakaan di kawasan Jalan Nagreg. Tiga orang tewas adalah suami istri Warya dan Lina Marlina warga Cimahi Tengah dan Nono Darsono warga Bogor Barat. Ketiganya pengendara sepeda motor.
(S033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011