Pamekasan (ANTARA News) - Takmir Masjid Agung As-Syuhada, Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendistribusikan sebanyak 475 bungkus zakat fitrah kepada kaum duafa dan fakir miskin di wilayah itu.

Ketua Takmir Masjid As-Syuhada Pamekasan Abdul Mukti, Senin malam menjelaskan, zakat fitrah yang didistribusikan itu merupakan hasil penggalangan pengurus kepada masyarakat sekitar di wilayah itu.

"Selain masyarakat ada juga badan amil zakat (BAZ) yang menyerahkan kepada kami untuk didistribusikan kepada warga yang berhak menerimanya," kata Abdul Mukti menjelaskan.

Menurut Mukti, jumlah paket zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan pengurus takmir masjid itu lebih sedikit dibanding Lebaran 1432 Hijriah lalu. Sebab ketika itu mencapai 500 paket lebih.

Sementara untuk zakat harta (mal) menurut dia, pengurus takmir masjid berhasil mengumpulkan sebanyak Rp1.700.00 dari para muzakki (orang yang wajib zakat) yang di Kabupaten Pamekasan.

"Distribusi zakat harta itu juga sudah kami lakukan dengan para penerima warga miskin, ayak yatim dan orang yang berjuang dalam mensyiarkan agama Islam," katanya menjelaskan.

Menurut Mukti, para penerima zakat itu ialah orang-orang yang sudah ditentukan menurut syariat Islam dan sistem pengambilannya dilakukan di masjid.

Abduk Mukti yang juga Manajer Persatuan Sepak Bola Pamekasan (Persepam) ini lebih lanjut menjelaskan, minumnya hasil pengumpulan zakat fitrah kali ini karena beberapa hal.

"Pertama lembaga amil zakat di Pamekasan ini sudah semakin banyak dibanding tahun sebelumnya," kata Abdul Mukti.

Selain itu, sambung dia, masyarakat banyak yang menyerahkan secara langsung zakat fitrah dan zakat harta yang mereka berita kepada orang yang berhak menerimanya.

Sementara selama Ramadhan 1432 Hijriah kali ini, pengurus takmir masjid agung As-Syuhada Pamekasan memberikan setiap hari sekitar 700 takjil kepada warga yang berbuka puasa bersama di masjid itu. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011