bantuan yang diantar mencapai Rp50 juta lebih
Padang (ANTARA) - DPD Partai Golkar Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan bantuan kepada korban yang terdampak gempa bumi dengan magnitudo 6,1 di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Sekretaris DPD Golkar Sumbar Desra Ediwan mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian partai kepada para korban gempa di Pasaman dan Pasaman Barat.

"Kita turut bersedih ketika saudara-saudara kita di Pasaman dan Pasaman Barat terkena musibah ini. Hari ini kami kami antarkan langsung bantuan untuk mereka," kata dia.

Ia menceritakan begitu mendengar terjadi musibah gempa yang berpusat di Pasaman Barat, pihaknya langsung menghubungi kader Golkar baik di DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten kota untuk bersama-sama turun untuk ikut membantu para korban.

"Kami jelas ikut berduka cita atas bencana ini dan mengajak seluruh kader untuk ikut memberikan bantuan guna meringankan beban para korban, dan Alhamdulillah bisa terkumpul," katanya.

Baca juga: Bantu korban gempa Pasaman, Riau kirim 10 truk logistik
Baca juga: PTPP salurkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana

Ia mengatakan bantuan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya melalui Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) juga sudah turun langsung ke lokasi gempa.

Sementara Koordinator Kebencanaan DPD Golkar Sumbar Irwandi Yusuf menyebutkan bantuan yang diberikan berupa beras, makanan ringan, mie instan, susu, sabun, odol, popok bayi serta kebutuhan wanita.

"Bantuan itu merupakan hasil pendataan yang dilakukan kader Golkar di Pasaman dan Pasaman Barat di lapangan. Jika ditotal, bantuan yang diantar mencapai Rp50 juta lebih," kata dia.

Baca juga: PAN Sumbar salurkan bantuan bagi korban gempa Pasaman Barat
Baca juga: Legislator: Tambah bantuan beras bagi korban gempa di Pasaman

Dia mengatakan banyak kader Golkar yang terdampak gempa, dan pihaknya menyerahkan kepada Golkar Pasaman dan Pasaman Barat untuk menyalurkan bantuan ini secara menyeluruh sehingga diharapkan mampu meringankan beban korban.

"Sebagai orang yang menguasai wilayah, Ketua Golkar Pasaman dan Pasaman Barat tentu tahu kader Golkar yang menjadi korban dan layak mendapat bantuan. Mudah-mudahan bisa meringankan beban mereka," kata dia.

Gempa dengan magnitudo 6,1 ini mengakibatkan belasan orang meninggal, puluhan luka-luka, dan bangunan rumah warga runtuh sehingga ribuan orang mengungsi.

Bantuan diantarkan langsung jajaran pengurus DPD Golkar Sumbar dipimpin Sekretaris Desra Ediwan ke Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman dan Simpang Empat, Pasaman Barat.

Baca juga: Bulog salurkan bantuan gempa Sumatera Barat
Baca juga: Lazis Darul Hikmah Pasaman Barat terus salurkan sembako korban gempa

 

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022