Atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami ikut berduka cita terhadap warga yang ada di Pasaman ataupun Pasaman Barat yang mendapatkan musibah beberapa waktu lalu
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mengirimkan 10 unit kendaraan bantuan logistik dan puluhan personel gabungan yang diberangkatkan dari Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Sabtu (5/3) untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman, Sumatera Barat.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami ikut berduka cita terhadap warga yang ada di Pasaman ataupun Pasaman Barat yang mendapatkan musibah beberapa waktu lalu," kata Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu.

"Sampaikan salam hormat kami kepada Gubernur Sumbar, bupati dan seluruh jajaran pemerintah daerah yang saat ini sedang mengalami cobaan dari Allah SWT," tambahnya.

Semoga dengan adanya cobaan ini, katanya, mudah-mudahan menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Tentunya kita juga senantiasa beribadah, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT agar Allah SWT melindungi negeri kita ini dari segala musibah," katanya.

Syamsuar juga berharap agar bantuan dari Pemprov Ria  berupa logistik dan sebagainya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Mudah-mudahan bantuan kita yang telah disampaikan tadi bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya," katanya.

Selanjutnya, Gubernur Riau mengucapkan selamat jalan kepada tim bantuan Pemprov Riau dan mengingatkan untuk terus menjaga keamanan di jalan sampai menuju lokasi.

"Harapan saya mudah-mudahan perjalanan sampai ke Sumbar tidak ada halangan suatu apapun," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelsaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau, Edy Afrizal melaporkan bahwa bantuan sosial (bansos) yang diberikan kepada korban bencana alam yang terjadi di wilayah Pasaman dan Pasaman Barat, Sumbar, berupa logistik, sembako dan bahan pokok untuk meringankan beban mereka.

"Dalam rangka untuk ikut meringankan beban korban bencana gempa bumi Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Riau akan memberikan bantuan berupa logistik, sembako dan dan kebutuhan lainnya," katanya.

Pemprov Riau memberikan bantuan berupa, beras 15.000 kg atau 15 ton, air mineral 1.000 kotak, sardin 3.500 kaleng, gula 350 kg, minyak goreng 350 bungkus, mie instan 525 karton, selimut 500 lembar, tenda gulung 200 lembar, matras 200 lembar, makanan bayi 1.500 paket dengan total nilai sejumlah Rp663.454.500.

Pada Sabtu (5/3) tim bantuan Provinsi Riau untuk gempa bumi Pasaman dan Pasaman Barat yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 orang BPBD, 12 orang Dinas Sosial, 2 orang Satpol PP, beserta 10 unit kendaraan untuk membawa bantuan logistik diberangkatkan menuju lokasi. 

Baca juga: Longsor hambat distribusi bantuan korban gempa di Pasaman Barat

Baca juga: Bantuan Presiden untuk korban gempa sampai di Pasaman Barat

Baca juga: Bulog salurkan bantuan gempa Sumatera Barat

Baca juga: Balai Wartawan himpun donasi untuk korban gempa di Pasaman Barat


Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022