Mudah-mudahan ke depan anak-anak Riau banyak yang berkualitas yang mampu bersaing dari seluruh dunia.
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjajaki kerja sama dengan Global Katalyst eV Suttgard Jerman untuk meningkatkan kualitas anak didik dan guru SMA/SMK dan pondok pesantren serta madrasah aliah.

"Kerja sama dijajaki dimaksud agar banyak anak-anak Riau bisa kuliah dan sekaligus bekerja di negara pemilik monumen Tembok Berlin itu," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya, di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Gubernur Syamsuar, Global Katalyst eV Suttgard Jerman merupakan asosiasi nirlaba yang didirikan di Stuttgart Jerman dan akan membantu peningkatan kualitas SDM guru di Riau dalam bentuk bimbingan teknis, lokakarya, penyuluhan, dan lain lain.

Sedangkan anggota yang tergabung dalam asosiasi tersebut berasal dari berbagai negara dan latar belakang profesi berbeda yang secara suka rela berkomitmen untuk bekerjasama merumuskan kegiatan internasional di berbagai negara.

"Terima kasih kepada Global Katalyst yang ikut ambil bagian upaya meningkatkan kualitas SDM guru dan anak didik di Riau. Mudah-mudahan ke depan anak-anak Riau banyak yang berkualitas yang mampu bersaing dari seluruh dunia," katanya pula.

Direktur Kerja Sama Strategis Internasional Doddy Primanda Kadarisman mengatakan setelah kesepakatan ini berjalan dengan baik, maka akan banyak intelektual muda dari Riau bisa 'go international'.

Doddy mengatakan bahwa dalam jangka pendek Global Katalyst mengarahkan upaya ke Jerman dahulu, namun dalam jangka panjang tidak menutup kemungkinan negara-negara lain juga masih terbuka untuk Provinsi Riau.

"Insya Allah dalam jangka panjang dengan negara lain akan masih terbuka untuk Riau dan kerja sama dimulai dari Jerman dulu," demikian Doddy.

Penjajakan kerja sama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan antara Gubernur Riau Syamsuar dengan Direktur Kerja Sama Strategis Internasional Global Katalyst eV Suttgard Jerman Doddy Primanda Kadarisman di Pekanbaru.

Untuk mewujudkan kerja sama tersebut, Gubernur Riau Syamsuar dengan Direktur Kerja Sama Strategis Internasional Global Katalyst eV Suttgard Jerman Doddy Primanda Kadarisman menandatangani kerja sama di Pekanbaru.
Baca juga: PT RAPP-UNRI dorong peningkatan kualitas SDM Riau melalui program D3
Baca juga: Riau jajaki kerja sama bidang pendidikan dengan UII Yogyakarta

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023