Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menjajaki kerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dalam bidang pendidikan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di provinsi ini.

"Terima kasih kepada UII yang telah memberikan ruang untuk bekerja sama. UII berkontribusi untuk daerah sekaligus membantu menyelesaikan persoalan-persoalan di Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam rilis yang diterima di Pekanbaru, Senin.

Gubernur Syamsuar meminta pihak UII juga memberikan perhatian terhadap pendidikan anak-anak dari pulau terluar, anak dari suku pedalaman, komunitas terpencil hingga anak kurang mampu.

Baca juga: Pemprov Riau jajaki kerja sama dengan Universitas Teknologi Petronas

Ia mengatakan melalui kerja sama ini pihaknya mempersiapkan SDM Riau pada masa mendatang. Pemprov Riau juga membantu beasiswa untuk anak-anak Riau untuk pendidikan jenjang S1, S2, dan S3.

"Program bantuan beasiswa ini diprioritaskan bagi anak-anak berprestasi, anak-anak dari suku adat terpencil, serta anak-anak yang tidak mampu. Setiap tahun Riau menyalurkan beasiswa untuk putra putri daerah dan nilai beasiswa diberikan sesuai dengan anggaran yang dibutuhkan," katanya.

Rektor UII Prof Fathul Wahit mengapresiasi kedatangan Gubernur Riau Syamsuar bersama rombongan. Kerja sama ini, menurutnya, akan menjadi basis untuk beragam kerja sama ke depan mulai dari peningkatan SDM.

"Insya Allah ini akan menjadi basis untuk beragam kerja sama ke depan, mulai dari peningkatan sumber daya manusia. Adik-adik yang ingin berkuliah di UII untuk pengembangan jenjang magister sampai doktoral. Kita berharap dapat terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan," kata Rektor UII.

Baca juga: Pemprov Riau-Kedubes Swiss jajaki kerja sama susun tata ruang Siak

Baca juga: Kepri buka pendaftaran beasiswa mahasiswa 2023 mulai 3 Maret - 3 April

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023