Jembatan sebagai sarana penting untuk meningkatkan laju atau pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat  dan mendukung aktivitas ekonomi ...
Pekanbaru (ANTARA) - Pembangunan Jembatan Sei Besi Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, senilai Rp5,344 miliar sudah rampung, dan masyarakat diminta untuk menjaga serta memelihara sarana itu agar bisa berumur panjang.

"Jembatan sebagai sarana penting untuk meningkatkan laju atau pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat  dan mendukung aktivitas ekonomi dalam bentuk pengiriman barang dan jasa di antara dua wilayah yang dihubungkan oleh jembatan tersebut," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya di Sianaboi Rohil, Senin.

Ia mengatakan, dulu Jembatan Sei Besi yang terletak di Jalan Bintang, Kepenghuluan Bagan Jawa,  itu dibangun semipermanen, namun akhirnya jembatan tersebut sudah resmi permanen dan bisa dilalui masyarakat dengan aman.

"Karena itu sebagai sarana penting maka masyarakat agar menjaga jembatan ini untuk mempermudah akses jalan masyarakat di daerah itu. Selain itu masyarakat perlu mengawal jika ada kendaraan yang memiliki muatan melebihi batas maksimal agar tidak diperkenankan melintas di sana," katanya.

Baca juga: Gubernur Papua Barat resmikan jembatan penghubung Pegaf-Manokwari

Kendaraan yang melintasi jembatan dengan bertonase tinggi berisiko mempercepat kerusakan jalan.

Gubernur Syamsuar meminta masyarakat mengawal pemeliharaan jembatan. Selain itu Polantas, Dinas Perhubungan dan masyarakat ikut mengawasi kendaraan yang melintas karena jembatan ini untuk masyarakat.

Pembangunan jembatan Sei Besi ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau dengan biaya pembangunan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi Riau Tahun Anggaran 2023.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau M Arief Setiawan mengatakan pembangunan Jembatan Sei Besi Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir bagian dari 11 unit  jembatan yang dibangun Pemprov Riau mulai Maret 2023.

Proyek pembangunan jembatan ini tersebar di 12 kabupaten dan kota di Riau dengan total anggaran pembiayaan sebesar Rp202,697 miliar. 








 

Pewarta: Frislidia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023