pemerintah memberikan kemudahan untuk mengurus perizinan berusaha yakni melalui OSS dan ini gratis untuk UMK
Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koprdinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 650 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) perorangan di Provinsi Riau untuk memberikan legalitas berusaha kepada mereka.

Bahlil Lahadalia di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau, Kamis, menyampaikan selamat kepada pelaku UMK perorangan yang telah mendapatkan NIB.

"Ketika UMK/UMKM memiliki NIB maka hendaknya dapat memberikan manfaat untuk kemajuan usaha ke depan," katanya.

Menteri Bahlil mengatakan saat ini pelaku UMK tidak perlu mengurus perizinan ke kantor dinas, namun bisa melalui aplikasi OSS dan itu tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

"Saya tahu betapa susahnya bagi UMK mengurus perizinan mulai dari regulasi, dimintai biaya, hingga kesulitan lain yang dihadapi. Namun kini pemerintah memberikan kemudahan untuk mengurus perizinan berusaha yakni melalui OSS dan ini gratis untuk UMK," jelas Bahlil.

Ia menyebutkan bahwa pelaku UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Namun, masih sedikit para pelaku UMK yang telah memiliki NIB.

Baca juga: Bahlil tegaskan tidak ingin UMKM jadi komoditas politik

Baca juga: Tutup AOE 2023, Menteri Investasi Bahlil puji Apkasi dorong terciptanya kawasan pertumbuhan ekonomi baru


Untuk itu Bahlil mengimbau masyarakat agar memanfaatkan OSS untuk mengurus perizinan sehingga semakin banyak pelaku UMK di Tanah Air yang bisa mendapatkan izin berusaha.

"Mengurus perizinan melalui OSS ini gratis untuk UKM, manfaatkan ini," tegas Bahlil.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa pihaknya atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia karena telah berkenan hadir di Riau untuk menyerahkan NIB bagi pelaku UMK di Provinsi Riau. Syamsuar berharap pelaku usaha terbantu dalam mengembangkan usahanya.

Ia mengatakan saat ini proses pembuatan NIB dapat dilakukan tanpa datang langsung ke kantor instansi terkait karena hanya dengan menggunakan ponsel melalui aplikasi Online Single Submission (OSS) Indonesia yang tersedia di Google Playstore dan Apple App Store.

Syamsuar menjelaskan bahwa pelaku UMK/UMKM di Riau sudah menggeliat ditandai aneka produk usaha mereka sudah memasuki pasar nasional dan internasional.

"Alhamdulillah Pak Menteri Bahlil hari ini dapat membantu para pelaku UMK Riau dan langsung memberikan NIB. Semoga pelaku UKM tidak selama-lamanya menjadi UMK tapi bisa berkembang menjadi pelaku usaha menengah hingga akhirnya menjadi pelaku usaha besar," demikian Syamsuar. 

Baca juga: UMKM ekraf Riau mitra binaan PHR manfaatkan peluang usaha baru

Baca juga: Gubernur Riau serahkan BPUM kepada 12.266 pelaku usaha mikro

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023