Platform lelang.go.id dilengkapi serangkaian teknologi yang digunakan sebagai fondasi dalam mengembangkan software dan hardware.....
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau terus mendorong sebanyak 631.347 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan sarana lelang digital atau 'platform lelang.go.id' sebagai alternatif penjualan produk UMKM.

"Keberadaan 'platform lelang.go.id' ini menyediakan menu khusus UMKM dan bisa menampilkan seluruh produk UMKM se-Indonesia semoga menjadi wadah dalam memasarkan atau memperkenalkan produk yang dimiliki secara luas dengan gratis," kata Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan, Hukum dan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau Yurnalis di Pekanbaru, Jumat.

Yurnalis mengajak UMKM memanfaatkan sarana tersebut di sela membuka kegiatan Gebyar Lelang Produk UMKM di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru.

Baca juga: Pertamina ikutkan tujuh UMK meriahkan Hari UMKM Nasional Expo 2023

Ia menjelaskan platform lelang.go.id menjadi sarana penting bagi UMKM untuk memperkenalkan produk usaha mereka secara nasional bahkan internasional karena produk yang ditayangkan pada platfrom lelang.go.id dapat dilihat oleh pembeli dari seluruh Indonesia.

Ia menyebutkan platform lelang.go.id sebagai platform resmi pemerintah yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI.

"Platform lelang.go.id dilengkapi serangkaian teknologi yang digunakan sebagai fondasi dalam mengembangkan software dan hardware. Dalam dunia digital marketing, platform mengacu pada teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan marketing perusahaan di internet," katanya.

Ia mengatakan UMKM harus terus didorong untuk berkembang apalagi kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 66 persen dan terhadap penyerapan tenaga kerja 96 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Karena itu masyarakat Riau diimbau untuk mendukung UMKM lokal dengan cara membeli dan menggunakan produk UMKM.

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru Maulina Fahmilita mengatakan sejumlah pelayanan lelang yang bisa diakses UMKM adalah layanan lelang hak tanggungan, lelang barang milik negara dan daerah yang diajukan oleh satuan kerja BPKAD, serta layanan lelang sukarela untuk produk UMKM.

Baca juga: SME DigitalFest targetkan 5.000 UMKM siap menghadapi era digital

Pada 2023, program lelang KPKNL mengambil tema "Semarak Melaju" atau akselerasi naik kelas melalui lelang KPKNL Pekanbaru.

"Kita patut bersyukur sebab kolaborasi yang sangat baik melalui Disperindagkop Riau, Kemenkeu 1 Riau, OJK, BBPOM, Kanwil Kemenkunham Riau, Kemenag Riau,  dan satker lain yang terlibat mendorong Semarak Melaju terlaksana dengan baik," demikian Maulina.
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023