Gianyar, Bali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan Resik Sampah Plastik di sejumlah pantai di Gianyar, sesuai instruksi Gubernur Bali terkait pelaksanaan kegiatan Sekala Jagat Kerthi.

"Kami bersihkan sampah plastik di tiga pantai yakni di pantai Siyut, Pantai Masceti, dan Pantai Lembeng," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, dalam siaran pers Diskominfo Gianyar, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan membersihkan sampah di pantai Masceti, pada Sabtu (5/3) itu merupakan program Pemprov Bali yang bertujuan membersihkan lingkungan dari sampah, terutama sampah plastik.

"Mari kita tingkatkan kesadaran dalam masalah sampah ini. Sampah sebisanya diselesaikan di hulu, agar residu yang ke TPA seminimal mungkin, apalagi Bupati Gianyar sedang gencar membangun TPS3R. Manfaatkan itu, jangan membuang sampah ke sungai atau ke tempat-tempat yang tidak semestinya," ucap Sekda Wisnu Wijaya, didampingi Kepala Dinas DLH Kabupaten Gianyar Ni Made Mirnawati.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan I Wayan Sadra menambahkan, kegiatan Resik Sampah Plastik diikuti pegawai di lingkup Pemkab Gianyar, pengurus majelis desa adat (MDA), serta pengurus forum desa (Perbekel) Kabupaten Gianyar.

“Yang ikut bersihkan sampah itu melibatkan PNS, tetapi kita berharap seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Gianyar khususnya dan dan Bali pada umumnya untuk ikut melaksanakannya,” jelasnya.

Aksi bersih-bersih sampah plastik yang dilaksanakan di tiga pantai yaitu di Pantai Lembeng Desa Ketewel, Pantai Masceti Desa Medahan, dan Pantai Siyut Desa Tulikup, akan berlanjut ke pelosok desa yang ada di Kabupaten Gianyar.

Dari aksi sosial itu berhasil terkumpul sebanyak 15 kubik sampah, yang terdiri dari 3 kubik sampah plastik dan 12 kubik sampah organik sisa upacara.

Sampah yang terkumpul dibawa ke TPA Temesi guna dipilah dan diolah lebih lanjut.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022