Jakarta (ANTARA) - Bambang Reguna Bukit atau dikenal sebagai Bams, mantan vokalis grup musik Samsons sedang bergiat untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali, bekerja sama dengan sang ibu, Desiree Tarigan dan tim Mamitoko.

"Kami melihat situasi di Bali banyak sekali yang terdampak akibat pademi ini khususnya teman teman UMKM kita. Mereka penggerak UMKM Indonesia, UMKM adalah tulang punggung perokonomian Indonesia," kata Bams yang menggalang dana melalui BenihBaik.com itu dalam siaran persnya, Senin.

Menurut dia, efek pandemi COVID-19 luar biasa terutama bagi para pegiat UMKM sehingga membuat pendapatan merekat tidak menentu. Dia mengatakan, dalam sehari mereka belum tentu dapat penghasilan.

Senada dengan Bams, Desiree mengaku prihatin dengan kondisi UMKM di Bali. Meski demikian, menurut Desiree, kini para pegiat UMKM di Bali sudah banyak kemajuan, tidak lagi mau terpuruk, ingin bangkit dan mencari solusi untuk masalah mereka.

"Sebelum pandemi, kita mau cari tempat saja sulit dan mahal, kini di sana sepi. Banyak tempat disewakan dan dijual. Saya pikir hanya saya yang punya masalah, ternyata banyak orang yang lebih punya masalah," tutur dia.

Kampanye yang sedang digagas Bams dan sang ibu, diarahkan untuk membantu UMKM di Munti Gunung, Bali. Daerah ini dikenal dengan jumlah pengemis yang sangat banyak. Namun kini sebagian mereka belajar menganyam dan menanam teh.

CEO dan Founder BenihBaik.com Andy F. Noya, mengatakan, semakin banyak orang yang terlibat dalam upaya bangkit dari keterpurukan maka akan semakin baik. Menurut dia, pandemi COVID-19 bisa menjadi momentum kebangkitan semangat gotong royong, yang sempat terpecah urusan politik.

"Kita juga bicara kemanusiaan, bangkit kembali dengan adanya pandemi, ini juga kebangsaan kita. Momentum pandemi ini mendorong UMKM mau belajar teknologi, 5-6 tahun lalu Presiden Jokowi sudah melihat UMKM Tiongkok mulai jualan di e-commerce," kata dia.

"Nah kini pandemi, enggak ada pandemi, semua orang harus bergerak ke sana, momentum ini yang diharapkan jadi kebangkitan Indonesia. Yang menarik, Bali, mengapa Bams dan ibu Desiree ini memilih Bali memang ada rencana Tuhan. Bali ini cermin Indonesia, Bali ini indikator, kalau Bali bangkit akan merebak ke Nusantara," kata dia.

Baca juga: Tompi dan Bams buka klinik ketampanan pertama di Indonesia

Baca juga: Ibu Bams eks Samson rintis bisnis makanan penutup

Baca juga: Bamsoet apresiasi piala "World Superbike 2021" buatan seniman Bali

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022