Singapura (ANTARA) - Kurs mata uang Euro tertekan di dekat level terendah dalam 22 bulan di perdagangan Asia pada Selasa pagi, karena perang di Ukraina telah menggelapkan prospek ekonomi Eropa, sementara mata uang komoditas mengambil nafas dalam reli selama berminggu-minggu.

Euro melakukan yang terbaik untuk bangkit setelah enam sesi penjualan berturut-turut, tetapi pada 1,0855 dolar AS, itu tidak terlalu jauh dari penurunan Senin (7/3/2022) di 1,0806 dolar AS.

Mata uang bersama jatuh 4,0 persen terhadap dolar sejak Rusia meluncurkan apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina di mana pertempuran tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Itu menggoda keseimbangan pada franc Swiss pada Senin (7/3/2022) untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.

Perundingan Damai Rusia-Ukraina telah membuat sedikit kemajuan dan meskipun penentangan Jerman terhadap larangan impor energi Rusia menjatuhkan minyak berjangka dari puncak 14 tahun Senin (7/3/2022), analis memperkirakan kejutan pasokan akan merugikan pertumbuhan Eropa.

"Pasar dapat terus memperhitungkan risiko gangguan pada ekspor energi Rusia dan menurunkan prospek pertumbuhan Eropa," kata ahli strategi Commonwealth Bank of Australia, Carol Kong.

"Dengan demikian, kami memperkirakan euro akan tetap berada di bawah tekanan. Ada peluang masuk akal euro/dolar menguji titik terendah pandemi di 1,0688 dolar bulan ini."

Bank Sentral Eropa bertemu pada Kamis (10/3/2022) dengan momok stagflasi yang mendorong para ekonom untuk memperkirakan bahwa pembuat kebijakan mungkin menunda kenaikan suku bunga hingga akhir tahun.

Selain reli parabola komoditas, konflik dan sanksi selanjutnya telah menghancurkan aset-aset Rusia, dengan Rubel merosot ke rekor terendah 160 terhadap dolar dalam perdagangan luar negeri yang tidak menentu pada Senin (7/3/2022).

Di tempat lain, dolar AS menguat di tengah kegelisahan perang dan konsekuensi ekonominya dapat menyebar.

Melonjaknya biaya impor minyak telah mendorong Jepang ke defisit neraca mata uang terbesar sejak 2014, memukul beberapa kilau dari Yen sebagai tempat berlindung yang aman.

Yen jatuh semalam dan masih sedikit lebih rendah di 115,48 per dolar pada Selasa pagi.

Dolar Australia dan Selandia Baru masing-masing naik sekitar 0,4 persen pada awal perdagangan, tetapi berada di bawah tertinggi empat bulan yang dibuat dengan melonjaknya harga minyak pada Senin (7/3/2022). Aussie terakhir di 0,7343 dolar AS, sekitar satu sen di bawah puncak Senin (7/3/2022).

Kiwi dibeli 0,6847 dolar AS. Dolar Selandia Baru menguat 4,5 persen hanya dalam waktu sebulan karena siklus kenaikan suku bunga bank sentral Selandia Baru (RBNZ) semakin cepat.

Analis ANZ Bank mengatakan pada Selasa bahwa tekanan harga-harga energi dapat mendorong kenaikan suku bunga 50 basis poin berturut-turut pada April dan Mei.
Baca juga: Dolar menguat karena lonjakan harga energi dorong aliran "safe-haven"
Baca juga: Euro merosot di Asia, perang di Ukraina picu guncangan inflasi

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022