Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengirimkan bantuan berupa dana senilai Rp100 juta bagi korban gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka mempercepat proses pemulihan perekonomian dan masyarakat setempat.

SVP Umum dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pupuk Indonesia Yana Nurahmad Haerudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan bantuan berupa uang tunai ini telah diberikan langsung ke posko pengungsi.

"Melalui bantuan ini, kami ingin meringankan beban serta membantu proses pemulihan masyarakat Pasaman dan Pasaman Barat di Sumatera Barat," kata Yana.

Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat pada pekan lalu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan ada lebih dari 160 kali gempa susulan setelah gempa utama di Pasaman Barat.

Baca juga: PMI Pasaman Barat mulai buat rumah hunian sementara bagi korban gempa

Setidaknya lebih dari 14 ribu warga Sumbar ini masih mengungsi di wilayah pengungsian yang berada di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. Jumlah korban meninggal dunia di dua kabupaten ini tercatat sebanyak 17 orang, sementara 4 orang lainnya masih dalam tahap pencarian.

Pemberian bantuan uang tunai ini, kata Yana, juga dilakukan secara bersama-sama dengan BUMN lainnya. Menurutnya, ada sekitar 10 BUMN termasuk Pupuk Indonesia yang memberikan bantuan uang tunai untuk korban gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat, Sumbar.

"Kami berharap, apa yang telah kami lakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para korban gempa bumi," kata Yana.

Baca juga: Korban meninggal dunia akibat gempa di Pasaman Barat bertambah

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022