Surabaya (ANTARA) - Jalur tol Pandaan arah Malang, kembali dibuka dan bisa dilewati pengendara setelah dilakukan pembersihan material akibat tebing longsor yang terjadi Km 78+900.

Petugas Senkom Jasamarga Pandaan-Malang, Rama dikonfirmasi, Rabu, mengatakan pembukaan jalur dilakukan pukul 04.00 WIB, setelah material longsor selesai dibersihkan pada pukul 03.00 WIB.

Namun, kata dia, pembukaan jalan dilakukan hanya untuk lajur kanan atau jalur cepat, dengan memasang pembatas di jalur kiri tol arah Surabaya dan Malang.

Ia mengimbau agar pengguna jalan tol mematuhi batas kecepatan berkendara, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan.

Baca juga: Tebing jalan tol Pandaan arah Malang longsor akibat hujan deras

Baca juga: Bus pariwisata terbakar di tol Pandaan-Malang, tak ada korban jiwa


Sebelumnya, tebing di jalur tol arah Malang dan Surabaya mengalami longsor setelah hujan deras mengguyur kawasan itu, dan mengakibatkan jalan tidak bisa dilewati karena tertutup material longsor.

Direktur Utama Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Netty Renova mengatakan hujan deras mengakibatkan luapan air dan longsor, tepatnya pada Km 78+900 arah ke Malang dan Surabaya, sejak Selasa (08/03) pukul 14.50 WIB.

Jasa Marga, kata Netty, memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas penanganan longsor, dan mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu.*

Baca juga: Situs Sekaran Malang bakal dimanfaatkan untuk wisata dan edukasi

Baca juga: PT PP lepas kepemilikan saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022