dapat meringankan dan mengobati duka
Simpang Empat (ANTARA) - PT Semen Padang melalui UPZ Baznas Semen Padang menyalurkan bantuan logistik tahap II untuk korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Bantuan logistik yang diberikan terdiri atas lima set tenda posko dan sembako berupa mie instan 30 dus, air mineral 10 dus, susu 10 paket atau 120 botol, 2 dus ikan kaleng, roti 3 dus, serta popok 3 dus," kata Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif di Simpang Empat, Rabu.

Bantuan logistik itu diserahkan pada Selasa oleh Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif kepada Wali Nagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai, Kecamatan Talamau, Mulyadi.

Muhammad Arif mengatakan bantuan dari UPZ Baznas Semen Padang merupakan bantuan tahap II. Sebelumnya, atau sehari pascagempa, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan tahap I kepada para korban melalui posko bencana gempa Pasaman Barat.

"Bantuan tahap I itu terdiri atas makanan cepat saji 50 dus 1.200 mie instan , beras 500 kilogram, air mineral sebanyak 30 dus, selimut 50 helai, dan terpal 25 lembar ukuran 6x4 meter," kata dia.1

Baca juga: 1.713 pengungsi gempa Pasaman Barat sudah kembali ke rumah
Baca juga: Tagana Kota Solok sediakan 2.000 nasi bungkus per hari untuk pengungsi

Untuk bantuan tahap II berupa tenda posko sebanyak 5 set ukuran 5x7 meter, diberikan berdasarkan informasi dari relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang bahwa korban gempa di pengungsian di Timbo Abu butuh tenda pengungsi.

"Tenda yang kami bawa dari Padang ini begitu sampai di Timbo Abu langsung didirikan oleh relawan TRC Semen Padang yang turut terlibat dalam pendistribusian bantuan ini," ujarnya.

Sementara Ketua UPZ Baznas Semen Padang Ampri Satyawan menyampaikan pihaknya turut prihatin dengan musibah gempa yang melanda Pasaman Barat.

"Mudah-mudahan, bantuan tenda dan juga sembako ini dapat meringankan dan mengobati duka saudara-saudara kita yang tertimpa musibah gempa. Karena duka mereka juga duka kita bersama," kata Ampri.

Baca juga: Surveyor Indonesia serahkan bantuan bagi korban gempa di Pasaman Barat
Baca juga: Pupuk Indonesia kirim bantuan Rp100 juta bagi korban gempa Sumbar

Ia menjelaskan, bantuan sembako dan tenda ini, sekaligus juga merupakan amanat dari karyawan PT Semen Padang.

"UPZ Semen Padang ini lembaga yang menghimpun dan menyalurkan zakat karyawan PT Semen Padang. Bantuan ini adalah amanat dari para karyawan," ujarnya.

Wali Nagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai, Mulyadi, mengucapkan terima kasih kepada UPZ Baznas Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan untuk warganya yang tertimpa musibah bencana gempa bumi.

"Terima kasih UPZ Semen Padang. Bantuan ini bermanfaat sekali bagi warga saya. Bantuan tenda ini contohnya, memang sangat dibutuhkan sekali untuk warga berteduh di tempat pengungsian, karena dampak gempa menyebabkan banyak rumah-rumah warga rusak berat dan tidak bisa ditempati," katanya.

Baca juga: DKI Jakarta kirim bantuan untuk penyintas gempa bumi di Pasaman

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022