Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang meyakini Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe selaku Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dilantik Presiden Joko Widodo kaya akan pengalaman dan saling melengkapi.

Bambang Susanto bukan hanya memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan IKN Nusantara yang waktunya relatif terbatas, tetapi hubungannya dengan negara-negara luar cukup bagus dan luas, kata Teras Narang saat dihubungi dari Palangka Raya, Jumat.

"Saya kenal baik dengan Pak Bambang. Pak Dhony selain memiliki kemampuan menata kota, sudah berpengalaman dalam membangun perumahan. Jadi sudah pas Kepala dan Wakil Kepala Otorita itu," ucap Teras yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) ini.

Baca juga: Anggota DPD berbagi konsep kepemimpinan ala humabetang ke mahasiswa

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, khususnya di Pulau Kalimantan agar mendukung dan membantu Kepala Otorita menyukseskan pembangunan di IKN Nusantara karena dipilihnya wilayah Penajam Paser Utara sebagai lokasi IKN sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga lokal Pulau Kalimantan.

"Ini kan membangun IKN. Jadi, tidak perlu melihat latar belakang Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, apakah berasal dari Pulau Kalimantan atau tidak," kata Teras.

Teras sepakat dengan pernyataan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN untuk tahap awal ini akan berkonsentrasi pada ketersediaan infrastruktur perkantoran, jalan, jembatan, listrik, air dan lainnya, benar-benar terpenuhi. Sebab, pada 2024, Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan pelantikan Presiden bersama Wakil Presiden Periode 2024-2029 dilaksanakan di IKN Nusantara.

Baca juga: Teras Narang minta SDM di Kalimantan dilibatkan bangun IKN

Dia mengatakan untuk tahap awal perlu dipersiapkan Gedung Istana Negara, Kantor MPR RI, DPR RI, DPD RI, kementerian, dan Markas Besar (Mabes) Polri, TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL) di IKN Nusantara. Dengan begitu, pemindahan ibu kota seperti yang direncanakan Presiden Jokowi dan isi dari Undang-undang tentang IKN Nusantara dapat direalisasikan.

"Saya yakin dan optimistis itu bisa dilaksanakan Pak Bambang bersama Pak Dhony. Tetapi tentunya harus benar-benar didukung oleh anggaran. Membangun itu kan tidak bisa hanya dengan kata-kata, tetapi ketersediaan anggaran secara baik dan adanya kerja sama Otorita IKN Nusantara dengan pemerintah, termasuk DPR RI," demikian Teras Narang.

Baca juga: DPR minta Teras Narang beri masukan tuntaskan RUU Provinsi Kalteng

Sebelumnya, Presiden Jokowi berpesan kepada Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara agar merekrut dan menempatkan orang-orang daerah di jabatan deputi-deputi.

Pesan itu disampaikan Presiden Jokowi saat rapat terbatas pembahasan IKN Nusantara sekaligus memperkenalkan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe yang telah ditunjuk dan dilantik sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara pada 10 Maret 2022 di Jakarta.

Pewarta: Kasriadi/Jaya M Manurung
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022