Air merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu perusahaan air milik negara PDAM memberikan kemudahan bagi masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan air bersih dan layak untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.

PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. Setiap bulannya, pelanggan PDAM diharuskan mengecek dan membayar tagihan agar tidak terkena denda. Cara cek tagihan PDAM antar daerah memiliki prosedur yang berbeda.

Untuk melakukan cek tagihan PDAM dapat dilakukan secara online melalui situs resmi PDAM. Pelanggan juga dapat cek tagihan PDAM melalui aplikasi non resmi yang banyak tersedia di Google Playstore atau Appstore seperti aplikasi BukuWarung yang dapat melakukan pengecekan tagihan dan sudah dapat melayani pembayaran tagihan PDAM.

Atau pelanggan juga dapat menggunakan aplikasi Informasi Pelanggan PDAM yang sudah banyak digunakan untuk cek tagihan PDAM online. Berikut adalah cara mengecek tagihan PDAM dengan mudah melalui aplikasi dan situs resmi PDAM :

1. Cek Tagihan PDAM via Aplikasi

Mengecek tagihan PDAM dapat dilakukan melalui Aplikasi. Meskipun saat ini belum ada aplikasi resmi dari PDAM, namun bagi para pengguna Android sudah banyak aplikasi di Google Playstore yang dapat digunakan untuk mengecek tagihan, salah satunya adalah aplikasi Informasi Pelanggan PDAM.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Informasi Pelanggan PDAM untuk mengecek tagihan PDAM :

1. Bagi pengguna Android, download aplikasi Informasi Pelanggan PDAM di Google Playstore.
2. Pada menu utama tap info tagihan.
3. Masukkan nomor sambungan, nama pelanggan, lalu kabupaten atau kota tempat tinggal.
4. Pilih instansi PDAM sesuai dengan daerah pelanggan.
5. Klik simpan.

2. Cek Tagihan PDAM via Website

Cara mengecek tagihan PDAM selanjutnya melalui website. Semua PDAM masing-masing memiliki situs resmi. Bila ingin mengecek tagihan PDAM di luar Jabodetabek secara online, maka cari alamat lain sesuai dengan tempat domisili.

Sebagai contoh cara cek tagihan PDAM kota Jakarta, bisa diakses melalui tautan berikut :

1. Buka situs resmi pengelola PDAM daerah Anda.
2. Pilih menu Info perkiraan tagihan pelanggan.
3. Masukkan ID pelanggan PDAM Anda, lalu klik Submit.
Contoh lain cara cek tagihan PDAM bisa dilihat dari PDAM Bogor.
1. Buka situs PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor pdamkotabogor.go.id
2. Kemudian klik “Pelanggan” dan “Simulasi Perhitungan Rekening Air”
3. Pilih “Golongan Tarif” di kolom simulasi yang tersedia
4. Isi jumlah stand meter bulan lalu dan stand meter bulan sekarang
5. Lalu kilik “Proses”
6. Rincian pemakaian dan jumlah tagihan PDAM akan muncul.

Selain melalui website resmi dan aplikasi, cara lain untuk mengecek tagihan PDAM secara online juga bisa menggunakan berbagai macam marketplace atau e-commerce yang tersedia di Indonesia. Apabila pelanggan tidak ingin menggunakan aplikasi, pelanggan juga dapat menggunakan M-Banking untuk melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan PDAM.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022