Jakarta (ANTARA) - Crunchyroll kini menyediakan lebih dari 500 episode serial anime "Dragon Ball" yang sebelumnya hanya tersedia di Funimation.

Untuk pertama kalinya, "Dragon Ball", "Dragon Ball Z" dan "Dragon Ball GT" dari Toei Animation kini tersedia untuk ditonton di layanan streaming Crunchyroll Sony di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Ketiga seri tersebut hadir di Crunchyroll sebagai bagian dari gelombang konten baru lainnya dari Funimation, setelah Sony pada 1 Maret mengumumkan bahwa kedua layanan tersebut akan bergabung menjadi satu layanan Crunchyroll terpadu.

Baca juga: Komposer "Dragon Ball" Shunsuke Kikuchi meninggal dunia

Trio pertunjukan bergabung dengan "Dragon Ball Super" yang telah tersedia di Crunchyroll dengan teks bahasa Inggris.

Funimation Global Group yang sebelumnya bernama Sony membeli Crunchyroll seharga 1,18 miliar dolar Amerika tunai dari AT&T, melalui kesepakatan yang ditutup pada Agustus 2021.

Fenomena "Dragon Ball" dimulai pada tahun 1984 di Jepang ketika serial manga asli dari Akira Toriyama ditayangkan perdana di "Weekly Shonen Jump" Shueisha.

Dengan cepat serial ini menjadi judul dengan peringkat teratas selama 10 setengah tahun publikasi dan popularitasnya tidak berkurang sampai saat ini, bahkan judul "Dragon Ball" telah terjual 260 juta kopi di seluruh dunia.

Saat ini, "Dragon Ball" telah berkembang menjadi waralaba global yang terdiri dari empat serial TV, 20 film layar lebar, beberapa judul video-game, serta banyak koleksi merchandise berlisensi lainnya.

Jumlah musim dan episode untuk tiga seri "Dragon Ball" baru yang sekarang tersedia di Crunchyroll adalah "Dragon Ball" (Musim 1-5) – 153 episode (Subs dan Dub Inggris), "Dragon Ball Z" (Musim 1-9) – 291 episode (Dubbing Bahasa Inggris) dan "Dragon Ball GT" (Musim 1-2) – 64 episode (Subs dan Dub Inggris).

Crunchyroll LLC adalah perusahaan patungan yang dioperasikan secara independen antara Sony Pictures Entertainment yang berbasis di AS dan Aniplex Jepang, anak perusahaan Sony Music Entertainment (Japan) Inc.

Berbasis di LA, Toei Animation Inc. mengelola distribusi film dan serial TV dari properti studio termasuk "Dragon Ball", "Sailor Moon", "One Piece", "Digimon" dan "Saint Seiya" di Amerika Utara, Amerika Latin, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Baca juga: Dragon Ball Super akan kembali diangkat ke layar lebar 2022

Baca juga: Mantan pemain City ganti nama jadi Goku di Dragon Ball

Baca juga: "Dragon Ball Super: Broly", pertarungan sengit para Saiyan

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022