Tentu saja saya mendukung
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendukung pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FK-UPNVJ).

“Tentu saja saya mendukung,” kata Dudung dalam keterangan tertulis UPNVJ yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dudung menuturkan program studi baru itu merupakan kerja sama antara FK-UPNVJ dengan RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Baca juga: UPNVJ beri motivasi peternak lele lewat pelatihan wirausaha

Untuk dapat mendirikan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi itu, telah diadakan Visitasi Kolegium Spesialis-1 oleh asesor dari Kolegium Radiologi Indonesia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Bersamaan dengan pendirian program baru tersebut, telah diselenggarakan pembaharuan nota kesepahaman (MOU) dengan TNI Angkatan Darat (AD) untuk memaksimalkan kerja sama dalam program studi di bidang kesehatan.

Rektor UPNVJ Erna Hernawati mengatakan MOU itu merupakan pembaharuan dari MOU tentang Pendidikan, Pelayanan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang sebelumnya ditandatangani pada 13 Juni 2016.

Baca juga: UPNVJ peringati Sumpah Pemuda beri penghargaan pemenang PON XX

Tujuannya untuk memberikan manfaat timbal balik antara para pihak dalam kegiatan kerja sama pendidikan baik di bidang Ilmu Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fisioterapi, Ilmu Gizi, Pelayanan Kesehatan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

“TNI Angkatan Darat memiliki Program TNI Manunggal Masuk Desa atau TMMD. Barangkali antara UPNVJ dan TNI Angkatan Darat bisa bekerja sama dalam program tersebut sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari UPNVJ,” kata Erna.

Erna juga mengatakan ingin melakukan kerja sama di bidang lainnya bersama TNI.

Baca juga: UPNVJ berkomitmen dukung vaksinasi untuk wujudkan ketahanan komunitas

Menurutnya, terdapat kemungkinan bila UPNVJ bekerja sama di bidang lain bersama TNI AD sebagai wujud penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Salah satunya adalah dengan didirikannya Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi di FK-UPNVJ.

Baca juga: Kasad bertemu ulama dan tokoh masyarakat Aceh

“FK-UPNVJ berdiri atas prakarsa dari para dokter di RSPAD,” kata Erna.

Kerja sama antara UPNVJ dengan TNI Angkatan Darat sudah terjalin sejak lama. UPNVJ merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Termasuk FK-UPNVJ yang juga didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Nomor: KEP/01/II/1993.

Baca juga: Kasad sebut Serbuan Vaksinasi terus dilakukan capai kekebalan kelompok

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022