Jakarta (ANTARA) - Tak menunggu lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memaklumatkan apa yang disebutnya "operasi khusus" di Ukraina, berbondong-bondong negara-negara di seantero Eropa segera meluapkan histeria mereka kepada Rusia.

Jangankan negara besar seperti Inggris dan Jerman, negara-negara kecil Eropa pun seperti tak mau ketinggalan berlomba menjatuhkan segala macam sanksi.

Jerman, Spanyol, Perancis, telah mendeklarasikan ruang udara mereka terlarang bagi penerbangan Rusia. Langkah tersebut menyusul Inggris dan negara-negara Skandinavia dan Baltik yang telah terlebih dulu memblokade ruang udara mereka dari Rusia.

Sebagai balasan, Negeri Beruang Merah ini juga menutup wilayah udaranya bagi maskapai dari 36 negara yang telah menjatuhkan sanksi serupa. Ongkos penerbangan sipil dipastikan meroket karena jarak penerbangan semakin jauh lantaran dipaksa berputar menghindari blokade udara ini.

Sanksi yang dirasa bakal memukul Rusia dengan hebat adalah penghapusan akses Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) kepada Rusia.

SWIFT adalah kode unik dari bank tertentu dan terdiri atas beberapa huruf yang berguna untuk kegiatan transaksi dari dalam ke luar negeri maupun sebaliknya di seluruh dunia. Larangan suatu negara mengakses jaringan SWIFT sama artinya dengan mengisolasi negara tersebut dari aktivitas ekspor-impor.

Bukan hanya pelaku usaha yang dirugikan, pemblokiran Rusia terhadap SWIFT ini dipastikan membuat jutaan warga Rusia merana. Kalangan pekerja di Rusia yang menerima penghasilan dari luar negeri tak bisa lagi menarik uang mereka karena akses SWIFT telah terblokir.

Perkembangan selanjutnya, sanksi-sanksi terbaru bukan lagi ditujukan kepada institusi pemerintahan atau bank-bank Rusia tetapi juga menjalar ke banyak aspek lain yang bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan politik dan kebijakan Kremlin.

Secuil contoh adalah festival film Cannes di Prancis tetiba menolak film-film Rusia turut berkompetisi. Panitia memastikan tidak akan menerima kehadiran delegasi resmi pemerintah Rusia untuk acara edisi ke-75 pada Mei mendatang sebagai bentuk solidaritas komunitas seniman Eropa kepada masyarakat Ukraina.

Di dunia olahraga, klub sepak bola Jerman Schalke 04 memastikan nama perusahaan gas Rusia Gazprom lenyap dari kostum tim. Klub yang berbasis di Gelsenkirchen itu biasanya merupakan salah satu tim dengan dukungan sponsor terbaik di Jerman dan mereka telah disponsori Gazprom sejak 2007.

Lalu klub Liga Premier Inggris Everton juga menghentikan semua kontrak sponsor komersial dengan tiga perusahaan Rusia yakni USM Holdings, MegaFon dan Yota. USM Holdings dan MegaFon memiliki kaitan dengan miliarder dan oligarki Alisher Usmanov yang dikenai sanksi oleh Uni Eropa.

Masih di Inggris, konglomerat Rusia pemilik Chelsea, Roman Abramovic, dibekukan aset-asetnya di negara Ratu Elizabeth itu. 

Sanksi terhadap Abramovic bahkan berimbas kepada Chelsea yang tidak diizinkan membeli pemain baru atau memberi kontrak baru, penjualan merchandise pun ditutup dan tidak boleh lagi menjual tiket pertandingan tersisa musim ini dan  melarang tiket laga tandang untuk musim mendatang.

Pada level global, Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) turut menjatuhkan sanksi dalam rupa pelarangan memainkan pertandingan internasional di Rusia dan mengharamkan bendera serta lagu kebangsaan negara ini.

Kelak apabila tim nasional akan berkompetisi, mereka tidak lagi menyandang nama Rusia tapi Uni Sepak Bola Rusia (RFU) sebagai gantinya dan setiap pertandingan kandang akan digelar tanpa penonton di wilayah netral.

Cabang-cabang olahraga lainnya tidak mau kalah dan ikut menjatuhkan sanksi, antara lain Badan Bulu Tangkis Dunia (BWF) melarang pengibaran bendera kebangsaan Rusia dan Belarus, sebagai sekutu dekat Moskow, serta mengharamkan lagu kebangsaan kedua negara dalam semua turnamen BWF.

Bahkan Federasi Judo Internasional (IJF) membatalkan sabuk hitam Vladimir Putin dan mendepaknya dari jabatan presiden kehormatan organisasi internasional itu.

Semua ini memberikan gambaran betapa Barat benar-benar melampiaskan histeria mereka atas Rusia tanpa memikirkan lagi bagaimana implikasi dan konsekuensi jangka panjangnya.
 
Sejumlah warga Belanda menggelar aksi unjuk rasa menentang invasi Rusia atas Ukraina di luar gedung Pengadilan Internasional di The Hague, Belanda, pada 16 Maret 2022 (REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW)


Selanjutnya, Russophobia

Copyright © ANTARA 2022