Jakarta (ANTARA) - Damri menyediakan bus gratis untuk mendukung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika, pada 18–20 Maret 2022 dengan layanan yang menghubungkan antara Bandara Lombok hingga Sirkuit Mandalika.

“Dalam layanan tersebut, Damri tidak mengenakan tarif, alias tarif 0 rupiah. Kemudian, untuk persyaratan, calon pelanggan cukup menunjukkan bukti tiket MotoGP kepada petugas di lapangan,” kata Plt Corporate Secretary Damri  Siti Inda Suri dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan, untuk memudahkan konektivitas transportasi dari dan menuju Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Damri telah menyediakan 25 armada bus dengan beberapa rute yang dilayani, di antaranya:
1. Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) – Sirkuit Mandalika (PP)
2. Eks Selaparang – Sirkuit Mandalika (PP)
3. Pelabuhan Bangsal – Sirkuit Mandalika (PP)
4. Pelabuhan Lembar /Pelabuhan Gili Mas – Sirkuit Mandalika (PP)
5. Pelabuhan Kayangan – Sirkuit Mandalika (PP)

Baca juga: 278 bus disiapkan untuk antar jemput penonton MotoGP Mandalika

Rute tersebut dioperasikan Damri pada18–20 Maret 2022, dengan jam operasional 24 jam nonstop.

Adapun jumlah penonton MotoGP diperkirakan mencapai 100.000 orang

Dengan demikian, akan terjadi peningkatan penumpang armada bus, di mana hari ke-3 merupakan puncak kenaikan penumpang di Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan Pelabuhan Lembar.

Untuk pengadaan armada, Damri bekerja sama dengan beberapa pengusaha lokal dan juga Tourism Development Corporation yang berada di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme.

“Hadirnya konektivitas ini diharapkan dapat memudahkan pengguna tiket MotoGP untuk melakukan perjalanan dengan mudah, aman, dan terjangkau. Selain itu, dukungan tersebut jadi wujud nyata kontribusi Damri untuk mendukung Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata strategis nasional,” kata Siti Inda.

Baca juga: Sopir bus MotoGP diminta jaga nama baik Indonesia

Baca juga: Menhub pastikan kelancaran transportasi dan prokes di MotoGP Mandalika

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022