Jakarta (ANTARA) - Pakar bedah dermatologi di NYU Grossman School of Medicine Mary L. Stevenson, MD, memberikan tips mencegah rambut tumbuh ke dalam, salah satunya dengan mengubah kebiasaan mencukur Anda.

"Cara lain Anda dapat mencegah rambut tumbuh ke dalam termasuk mencukur ke arah pertumbuhan rambut yang sering tidak kita lakukan dan menggunakan pisau cukur bermata satu," kata dia yang berpendapat cara ini memungkinkan untuk bercukur sedekat mungkin, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu.

Baca juga: Tips ideal mewarnai rambut agar tak cepat rusak

Lebih lanjut, menurut salah satu perawatan rambut tumbuh ke dalam terbaik yakni laser hair removal, yang secara efektif mengatasi rambut di dalam folikel dengan menargetkan pigmen di rambut dan karenanya mencegah rambut tumbuh.

Pengelupasan kulit secara teratur juga bisa menjadi obat rambut tumbuh ke dalam alami yang dapat membantu meminimalkan terjadinya benjolan dengan menghilangkan sel-sel kulit mati yang mungkin menyumbat pori-pori Anda.

Pengelupasan dengan produk yang mengandung asam salisilat atau beta hidroksil adalah yang terbaik, menurut Cleveland Clinic.

Kemudian, karena pori-pori yang tersumbat meningkatkan kemungkinan rambut tumbuh ke dalam, maka membuka pori-pori dapat membantu.

Menghangatkan folikel rambut Anda di kamar mandi dapat mengurangi risiko iritasi, menurut Cleveland Clinic, yang berarti mencukur menjelang akhir mandi Anda, demi memberikan waktu uap untuk membuka pori-pori Anda.

Hindari mencukur, mencabut dan waxing untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam sepenuhnya, menurut Mayo Clinic.

Bila rambut sudah terlanjur tumbuh ke dalam, sebaiknya tahan keinginan untuk mencungkilnya, terutama jika ada nanah, yang merupakan tanda bahwa ada infeksi ringan.

Sebagai gantinya, cobalah gunakan pemangkas listrik untuk menghilangkan rambut, lakukan kompres hangat ke kulit yang terinfeksi, gunakan produk yang menghilangkan rambut tanpa harus mencukur.

Untuk melepaskan rambut yang tumbuh ke dalam, cuci area yang terkena dengan waslap atau sikat gigi berbulu lembut dan gunakan gerakan melingkar selama beberapa menit sebelum bercukur dan sebelum tidur, menurut Mayo Clinic.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jika tak juga bisa mengalami masalah ini atau bila Anda mengalami kondisi yang mengganggu.

Baca juga: Kenali tanda dan sebab rambut tumbuh ke dalam

Baca juga: Kandungan acid bermanfaat untuk perawatan rambut yang diwarnai

Baca juga: Hindari suhu tinggi saat mencatok agar rambut tak rusak

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022