Jakarta (ANTARA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menerima sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia karena telah menerapkan suistanable finance.

“Sertifikasi ini merupakan buah dari upaya kami untuk senantiasa mewujudkan komitmen terhadap keberlanjutan melalui penerapan Sustainable Finance,” kata Direktur Syariah Danamon Herry Hykmanto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Herry menugngkapkan bahwa Danamon adalah bank pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Greenship Platinum untuk kategori Kantor Pusat.

Danamon ikut berkomitmen dalam mendorong penerapan sustainable finance dengan membentuk Sustainability Committee sejak tahun 2019. Selain menyadari urgensi isu keberlangsungan, upaya tersebut juga sebagai respon Danamon terhadap komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen di tahun 2030.

Komite tersebut didirikan untuk mengimplementasikan lima prioritas rencana program yang merupakan bagian dari keinginan Danamon dalam memenuhi ketentuan dalam POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

“Danamon juga mendukung inisiatif-inisiatif terkait Carbon Neutrality. Hal ini demi memenuhi ketentuan dan arahan dari pemerintah serta pihak regulator, sekaligus menjaga keselarasan dengan MUFG,” ujarnya.

Salah satu langkah yang dilakukan Danamon adalah melakukan perkiraan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan Adira Finance. Pada fiscal year 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6 persen sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.

“Danamon yakin bahwa penerapan Sustainable Financing akan memiliki dampak yang positif, tidak hanya bagi kehidupan kita sebagai individu, tetapi juga berbagai sektor bisnis dan perekonomian,” tutur Herry.

Ke depannya, lanjut dia, Danamon akan terus mengembangkan inisiatif strategis dan tindakan sistematis untuk mengurangi emisi dalam kegiatan operasional. Beberapa pendekatan yang akan diwujudkan di antaranya seperti penghematan tenaga listrik, pembuatan tenaga listrik secara mandiri melalui penggunaan panel surya, dan pembelian Renewable Energy Certificates (REC).

Selain itu, Danamon juga akan berfokus pada berbagai pembiayaan yang bertujuan untuk mendukung keberlanjutan, seperti pemasangan panel surya sebagai sumber energi terbarukan, serta transisi pada penggunaan baterai dan kendaraan elektrik yang juga memberikan manfaat berupa penghematan tenaga listrik dan bahan bakar.

Baca juga: Bank Danamon raup laba bersih Rp1,6 triliun sepanjang 2021
Baca juga: Bank Danamon luncurkan fasilitas BI-Fast di aplikasi D-Bank Pro

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022