Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka forum penyelenggara pemilu di negara-negara anggota ASEAN di Istana Negara Jakarta.

Forum tersebut akan berlangsung di Jakarta sejak 3 Oktober 2011 hingga 5 Oktober 2011 dan merupakan sarana bertukar pengalaman tentang penyelenggaraan pemilu di antara negara-negara Asia Tenggara.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua DPR RI Marzuki Alie, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mendagri Gamawan Fauzi, Ketua KPU Abdul Hafiz Ansyari dan sejumlah pejabat ASEAN, termasuk Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

Sekjen KPU Suripto Bambang dalam laporannya mengatakan peserta forum ini adalah para pejabat dari lembaga penyelenggara pemilu di setiap negara dan juga kalangan lembaga swadaya masyarakat dan sejumlah perwakilan negara-negara sahabat.

Forum ini setidaknya diikuti oleh lebih dari 130 peserta. Diselenggarakan oleh KPU dan lembaga International Idea.

Sejumlah hal yang dibahas antara lain pemilu di negara-negara ASEAN, isu gender dalam pemilu, mitigasi konflik dan permasalahan sosial dan pemilu serta sejumlah pokok bahasan lainnya.
(P008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011